Iklan dempo dalam berita

Ternyata Gunung di Jawa Tengah Ini Simpan Harta Karun Emas! Ini Titik Lokasinya

Ternyata Gunung di Jawa Tengah Ini Simpan Harta Karun Emas! Ini Titik Lokasinya

Gunung di Jawa Tengah yang menyimpan harta karun emas--

BACA JUGA:Tabel KUR BRI Jaminan BPKB Motor, Tenor Sampai 48 Bulan, Syarat Pengajuan Usia 21 Tahun

Salah satu tambang emas di Banyumas terletak di Desa Pancurendang, Ajibarang. Di daerah ini banyak sumur-sumur galian yang digunakan untuk mendulang emas. 

Meski demikian, tambang emas di Desa Pancurendang, Banyumas, ini akan ditutup menyusul terjadinya insiden terjebaknya delapan penambang di salah satu sumur galian, yang hingga kini belum mampu dievakuasi.

Selain di Ajibarang, tambang emas milik rakyat di Banyumas juga dikabarkan ada di wilayah Desa Paningkaban, Kecamatan Gumelar. Sama halnya seperti di Desa Pancurendang, tambang emas di Desa Paningkaban juga dikelola secara tradisional oleh masyarakat sekitar.

2. Cilacap

Dilansir dari beberapa sumber, salah satu daerah di Jawa Tengah yang berpotensi menjadi penghasil emas adalah Cilacap. Kabupaten Cilacap kabarnya memiliki potenis tambang emas yang cukup besar, tapi belum tergarap.

BACA JUGA:Duel Sengit Hp Harga Rp 2 Jutaan dengan Spesifikasi Mumpuni, Poco M5S VS Poco M4 Pro Mana yang Paling Oke?

Potensi tambang emas di Cilacap itu terletak di wilayah Sidahayu, dengan luas mencapai 2.000 hektare. Kabarnya, sejumlah perusahaan pemegang surat kuasa pertambangan sempat berinisiatif melakukan penambangan emas di Sidahayu, Cilacap. 

Meski demikian, upaya itu gagal terlaksana menyusul lokasi pertambangan yang rawan bencana longsor. Padahal, kandungan emas di perbukitan Sidahayu dikabarkan cukup tinggi, yakni sekitar lima hingga delapan gram emas dari setiap ton tanah.

3. Temanggung & Kabupaten Semarang

Sekitar tahun 2009 silam, peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menyatakan telah menemukan kandungan emas di Desa Keji, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. 

BACA JUGA:Ngeri! Penemuan Gunung Emas di Kongo Ini Dikaitkan dengan Akhir Zaman

Kala itu, hasil uji analisis laboratorium geologi UGM dan UPN menunjukkan kandungan emas sekunder yaang ditemukan, mirip dengan kandungan emmas di Pegunungan Purba di Kalimantan.

Selain itu, penelitiaan juga menujukkan jika wilayah Ungaran hingga Temanggung memiliki kandungan emas yang sama. Kandungan emas tidak bisa ditemukan begitu saja, melainkaan membutuhkan proses kimia. 

Dari penelitian itu diperoleh angka kandungan emas 0,225 part per miliar yang berarti berpotensi menjadi tambang emas. Dari hasil penilitian itu tidak mustahil wilayah Temanggung dan Kabupaten Semarang berpotensi menjadi penghasil emas di Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: