Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Nikel Incaran Dunia di Sulawesi, Berpotensi Mencapai 2,6 Miliar Ton

Harta Karun Nikel Incaran Dunia di Sulawesi, Berpotensi Mencapai 2,6 Miliar Ton

Harta Karun Nikel Incaran Dunia di Sulawesi,--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Indonesia disebut-sebut memiliki sumber cadangan nikel terbesar di dunia. Harta karun nikel incaran Dunia di Sulawesi berpotensi mencapai 2,6 miliar ton bijih.

BACA JUGA:Harta Karun Berlimpah di Kalimantan, Mampu Hasilkan 40 Ribu Ton Nikel, Ini Lokasinya

Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Misalnya saja di sektor pertambangan nikel.  Kondisi ini lantas membuat negara-negara lain mempertimbangkan posisi Indonesia dalam industri nikel di kancah global.

Indonesia pemilik harta karun nikel terbesar di dunia. Indonesia disebut memiliki cadangan nikel sebesar 72 juta ton Ni (nikel) atau setara 52% dari total cadangan nikel dunia yang tercatat mencapai 139.419.000 ton Ni.

BACA JUGA:Luar Biasa, 6 Pulau Kecil di Maluku Ini Punya Harta Karun Nikel yang Melimpah

Data tersebut merupakan hasil olahan data dari USGS Januari 2020 dan Badan Geologi 2019, dikutip dari booklet bertajuk "Peluang Investasi Nikel Indonesia" 2020 yang dirilis Kementerian ESDM.

"Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, artinya Indonesia berperan penting dalam penyediaan bahan baku nikel dunia," tulis keterangan data tersebut.

BACA JUGA:Indonesia Miliki Miliaran Harta Karun Nikel, Ini 5 Titik Lokasi yang Punya Cadangan Nikel Terbesar

Sebagian besar cadangan nikel berada di Pulau Sulawesi. Sulawesi pun penuh tambang Nikel. Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara Sebesar 77% wilayah di daerah ini berpotensi pembawa mineralisasi dan belum ada Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP). Adapun cadangan bijih nikel di Sulawesi ini mencapai 2,6 miliar ton bijih.

BACA JUGA:Deposit Terbesar dengan Miliaran Ton Bijih, Ini Kabupaten di NTB yang Punya Harta Karun Emas Terbesar

Banyaknya sumber daya nikel di daerah ini tak ayal banyak Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang diterbitkan. Hingga September 2020 tercatat IUP nikel di Sulawesi Tenggara mencapai 154 IUP dan 1 pemegang Kontrak Karya (KK), lalu 85 IUP di Sulawesi Tengah, dan 3 IUP di Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:Stok Melimpah, Ini 16 Daerah yang Punya Cadangan Harta Karun Batu Bara Terbesar di Indonesia

Ada tiga kawasan industri nikel di Sulawesi yakni:

1. Kawasan Industri Morowali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: