Iklan dempo dalam berita

Seharga Mobil Lamborghini, Ternyata Ini 10 Mitos dan Fakta Ayam Cemani yang Belum Diketahui

Seharga Mobil Lamborghini, Ternyata Ini 10 Mitos dan Fakta Ayam Cemani yang Belum Diketahui

Harganya mahal, ini berbagai mitos ayam Cemani--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Seharga mobil Lamborghini, ternyata ini 10 mitos dan fakta ayam cemani yang belum diketahui.

Banyak yang percaya jika ayam cemani adalah salah satu hewan mistis yang kerap digunakan sebagai persembahan tumbal. Namun, tak sedikit yang berminat memeliharanya lantaran memiliki warna eksotis yaitu hitam legam pada seluruh tubuhnya.

Ayam cemani bukanlah sembarang ayam. Berbeda dengan jenis ayam lainnya, keunikan ayam ini adalah dari warna bulu hingga kulitnya. Selain bulu, mata hingga paruhnya pun berwarna hitam. Tak jarang, hewan ini sering dikaitkan dengan hal mistis.

BACA JUGA:PNS Siap-siap, Ini Jadwal Pencairan Gaji 13 PNS dan 5 Komponen di Dalamnya

Apakah benar demikian? Agar kamu lebih mengenal tentang jenis ayam ini, maka kamu wajib simak mitos dan fakta seputar ayam cemani melalui ulasan lengkap berikut ini!

1. Latar Belakang dan Sejarah

Awal mula dari ayam cemani ini sebetulnya tidak begitu jelas. Ada yang menyebutkannya berasal dari Sumatera, yang mana jenis aslinya sekarang sudah punah.

Namun ada juga yang menyebutkan bahwa ayam ini sering dikaitkan dengan sekelompok keturunan yang dikenal sebagai Kedu dari dataran di Jawa Tengah.

Ayam cemani juga diyakini masih berkaitan dengan Ayam Bekisar, yang hidup di sebuah pulau kecil di Indonesia. Ayam Bekisar berasal dari pencocokan unggas hutan hijau dengan beberapa unggas hutan merah peliharaan. Ini adalah proses yang rumit karena persilangan tertentu biasanya tidak subur.

BACA JUGA:5 Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Bukan Papua

Popularitas jenis ayam ini juga tidak hanya terjadi baru-baru ini saja, tetapi sudah tercatat sejak tahun 1900-an. Ada beberapa asal usul yang mendasari keberadaan ayam ini, salah satunya pada masa Kerajaan Majapahit.

Diyakini ayam ini dimiliki oleh salah satu pertapa sakti bernama Ki Ageng Mangkuhan. Kemudian ada juga cerita yang dipercaya secara luas bahwa ayam ini berasal dari persilangan antara ayam lokal dengan ayam Australorps.

Kejadian persilangan ini terjadi pada saat Raffles menjadi gubernur di Indonesia, yang mana pada saat ini tentara Inggris juga datang membawa ayam australorp.

2. Mutasi Genetik Penyebab Ayam Cemani Berwarna Hitam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: