Iklan dempo dalam berita

Astaghfirullah, 7 Dosa Anak Kepada Orang Tua Ini Paling Dibenci Allah, Nomor 4 Sederhana namun Sering Terjadi

Astaghfirullah, 7 Dosa Anak Kepada Orang Tua Ini Paling Dibenci Allah, Nomor 4 Sederhana namun Sering Terjadi

Dosa anak kepada orang tua, jangan pernah dilakukan--

Diantara sikap yang dapat dikategorikan sebagai perbuatan durhaka kepada kedua orang tua adalah mengabaikan permintaan dan keperluan mereka. Misalnya orang tua meminta sesuatu kebutuhan, tetapi si anak dengan berbagai alasan menolak atau mengulur dan menunda dengan berbagai alasan. 

BACA JUGA:Harta Karun Emas di Kalimantan Barat Dicuri WNA China, Begini Cara Kerjanya

Mulai dari alasan kerja, anak istri, capek, dan sebagainya. Atau sebagaian anak memenuhi hajat dan keperluan serta perminttaan bantuan kedua orang tuanya dengan berat hati disertai omelan. Tentu ini merupakan sikap tercela dam termasuk kedurhakaan kepada orang tua.

5. Memandang Orang Tua dengan Tatapan Sinis dan Tajam

Tatapan sinis dan tajam biasanya merupakan luapan dan ekspresi perasaan di dalam hati. Sehingga tentu sangat tidak pantas jika seorang anak menatap orang tuanya dengan tatapan yang mengandung makna sinis dan marah.  

Imam Mujahid rahimahullah mengatakan; “Tidak dianggap berbuat baik kepada kedua orang tuanya orang yang menatap orang tuanya dengan tatapan tajam”.

Perakataan uff (ah) kepada kedua orang tua dilarang oleh Allah, karena hal itu menyebabkan keduanya tersakiti. Maka demikian pula dengan tatapan tajam dan sinis atau melotot. Dipastikan hal itu membuat orang tua tersakiti.

BACA JUGA:Syarat Paylater BCA, Bisa Dapatkan Limit hingga Rp 20 Juta, Segini Besaran Bunga dan Biaya

Ini juga masuk dalam larangan “janganlah engkau membentak keduanya (wa la tanharhuma)’’, maknanya, “Janganlah muncul perlakuan buruk darimu kepada keduanya, dan jangan acungkan tanganmu kepadanya”. (Tafsir Ibn Katsir, 3/1657)

6. Mencela dan Mencaci-maki Kedua Orang Tua

Mencaci-maki dan mencela kedua orang tua merupakan dosa besar. Mencaci maki kedua orang tua terjadi secara langsung maupun tidak langsung.  

Menghina dan mencaci maki kedua orang tua secara tidak langsung adalah seseorang menghina orang tua orang lain lalu orang tersebut membalas.  Dalam hadits dikatakan:

BACA JUGA:7 Tambang Berlian Terbesar di Indonesia, Siapa yang Jadi Penguasa? Ini Titik Lokasinya

“Termasuk dosa besar adalah seseorang melaknat kedua orang tuanya, ditanyakan kepada Rasulullah Bagaimana mungkin seseorang melaknat kedua orang tuanya?Nabi bersabda “Seseorang menghina ayah orang lain lalu orang tersebut membalas menghina ayahnya atau mencaci Ibu orang lain kemudian orang tersebut membalas mencaci maki ibunya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Menolak /Tidak Menjawab Panggilan Mereka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: