Iklan dempo dalam berita

Sulawesi jadi Salah Satu Penghasil Tambang Tembaga Terbesar di Indonesia, Ini Titik Lokasinya

Sulawesi jadi Salah Satu Penghasil Tambang Tembaga Terbesar di Indonesia, Ini Titik Lokasinya

Sulawesi jadi salah satu daerah penghasil tambang tembaga terbesar di Indonesia--ist

Selain Sulawesi yang menjadi penghasil tembaga terbesar di Indonesia, terdapat daerah-daerah yang menjadi penghasil tembaga terbesar di Indonesia, yaitu:

1. Mimika, Papua

Kabupaten Mimika merupakan daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia. Tambang tembaga di Mimika dikelola oleh PT Freeport Indonesia, yang merupakan perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Produksi tembaga di Mimika mencapai 670.000 ton per tahun.

BACA JUGA:Cara Menggunakan Paylater BCA, dengan QRIS di My BCA, Nikmati Keuntungan Menariknya

2. Cikotok, Banten

Desa Cikotok merupakan daerah penghasil tembaga terbesar ketiga di Indonesia. Tambang tembaga di Cikotok dikelola oleh PT Timah Tbk, yang merupakan perusahaan tambang milik negara. Produksi tembaga di Cikotok mencapai 569.041 ton per tahun.

3. Silungkang, Sumatera Barat

Kecamatan Silungkang merupakan daerah penghasil tembaga terbesar keempat di Indonesia. Tambang tembaga di Silungkang dikelola oleh PT Aneka Tambang Tbk, yang merupakan perusahaan tambang milik negara. Produksi tembaga di Silungkang mencapai 419.600 ton per tahun.

Berdasarkan laporan BPS cadangan terbukti tembaga Indonesia sudah turun dari 24,22 juta ton per akhir 2017, menjadi 19,94 juta ton per akhir. Tembaga merupakan mineral strategis yang bermanfaat bagi masa depan karena berperan penting terhadap industri ekstraktif saat ini.

BACA JUGA:7 Tambang Berlian Terbesar di Indonesia, Siapa yang Jadi Penguasa? Ini Titik Lokasinya

Berikut ini manfaat tembaga untuk kehidupan sehari-hari:

1. Industri tenaga listrik

Tembaga dalam industri tenaga listrik salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat transmisi tenaga listrik seperti kawat, kabel, trafo, saklar, komponen steker, hingga konektor.

2. Industri elektronik

Dalam industri elektronik, tembaga salah satunya dapat digunakan sebagai perangkat elektron vakum seperti tabung frekuensi tinggi dan ultra tinggi, crossing kateter, hingga magnetron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: