Iklan dempo dalam berita

Sulawesi jadi Salah Satu Penghasil Tambang Tembaga Terbesar di Indonesia, Ini Titik Lokasinya

Sulawesi jadi Salah Satu Penghasil Tambang Tembaga Terbesar di Indonesia, Ini Titik Lokasinya

Sulawesi jadi salah satu daerah penghasil tambang tembaga terbesar di Indonesia--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMSulawesi menjadi salah satu penghasil tambang tembaga terbesar di Indonesia, ini titik lokasinya.

Indonesia menjadi salah satu dari sepuluh produsen tembaga terbesar dunia. Upaya hilirisasi industri tembaga merupakan langkah pengembangan sumber daya mineral yang potensinya sangat besar.

BACA JUGA:PNS Siap-siap, Ini Jadwal Pencairan Gaji 13 PNS dan 5 Komponen di Dalamnya

Daerah penghasil tembaga di Indonesia terbilang cukup banyak dan tersebar dari sabang sampai merauke. Berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia masuk dalam tujuh negara penghasil tembaga terbesar di dunia.

Salah satu daerah penghasil tembaga adalah Provinsi Sulawesi. Sulawesi ternyata tak hanya menampilkan keunikan Pulau yang berada pada pesisir pantai yang indah, daerah pegunungan yang menawan, taman nasionalnya yang indah, habitat banyak hewan endemik, keanekaragaman tradisi dan budaya, serta keindahan taman lautnya. Bahkan lautnya jadi salah satu taman laut terbaik di dunia.

Sulawesi juga menjadi salah satu daerah penyumbang Tembaga terbesar di Indonesia. Lokasi tambang tembaga terbesar ada di Sangkaropi, Kecamatan Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. 

BACA JUGA:Seharga Mobil Lamborghini, Ternyata Ini 10 Mitos dan Fakta Ayam Cemani yang Belum Diketahui

Daerah ini terdapat banyak batuan vulkanik yang telah mengalami proses pelapukan, sehingga cocok dijadikan sebagai area galian atau penambangan. Produksi tembaga di Sangkaropi diperkirakan mencapai hingga 350 ribu ton setiap tahunnya.

Tidak hanya Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara juga mempunyai cadangan tembaga yang melimpah. Salah satu perusahaan yang melakukan penambangan tembaga di wilayah Sulawesi Utara adalah PT Gorontalo Minerals yang berlokasi di Talango, Kec. Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

PT Gorontalo Minerals merupakan cucu perusahaan dari PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Jumlah tembaga yang diproduksi PT Gorontalo Minerals diperkirakan mencapai mencapai 693.109 ton per tahun.

Sulawesi juga kaya akan sumber daya tambang, seperti emas, limonit, galena, pasir gelsfar, tembaga, perak, nikel, besi, gas alam, seng, minyak bumi, tosenki, damar, hingga batu gamping.

BACA JUGA:5 Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Bukan Papua

Adapun sumber daya alam di Sulawesi, dari segi perkebunan dan pertanian, yaitu kelapa sawit, cengkeh, kakao, kopi, bawang merah, terong, lobak, ubi kayu, tomat, vanili, meranti, pala, kelapa, jambu, jagung, kacang mete, hingga kayu manis.

Bukan hanya dari segi pertanian dan pertambangan, Sulawesi juga kaya akan hasil kelautan, seperti kerapu, ikan nila, ikan mas, baronang, ikan tuna, rumput laut, udang, teripang, ikan merah, lemuru, cakalang, ikan terbang, hingga ikan tenggiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: