Iklan dempo dalam berita

Bukan Mitos, Ini 8 Suku di Indonesia yang Menolak Modernisasi hingga Tidak Percaya Tuhan

Bukan Mitos, Ini 8 Suku di Indonesia yang Menolak Modernisasi hingga Tidak Percaya Tuhan

Suku di Indonesia yang menolak modernisasi hingga tidak percaya tuhan--

Pokok-pokok keimanan dalam Islam juga dirumuskan dalam rukun iman sebagaimana yang dapat dipahami dari surat Al Baqarah ayat 177 berikut:


لَيْسَ الْبِرَّاَنْ تُوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَالْمَلٰۤىِٕكَةِ وَالْكِتٰبِ وَالنَّبِيّٖنَ ۚ وَاٰتَى الْمَالَ عَلٰى حُبِّهٖ ذَوِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِۙ وَالسَّاۤىِٕلِيْنَ وَفىِ الرِّقَابِۚ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ ۚ وَالْمُوْفُوْنَ بِعَهْدِهِمْ اِذَا عَاهَدُوْا ۚ وَالصّٰبِرِيْنَ فِى الْبَأْسَاۤءِ وَالضَّرَّاۤءِ وَحِيْنَ الْبَأْسِۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ صَدَقُوْا ۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُتَّقُوْنَ

Artinya: "Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa."

BACA JUGA:Ini 10 Obat Nyamuk yang Aman untuk Anak 2 Tahun, Para Bunda Harus Tahu

Mengutip sumber buku yang sama, penjelasan tentang ayat tersebut adalah keimanan bersifat perpaduan antara teosentris dan antroposentris.

Maksudnya adalah keimanan ditujukan hanya kepada Allah dan hal-hal yang harus diimani seperti kitab-kitab, malaikat, nabi-nabi dan hari kiamat atau yang berkaitan dengan ibadah individual.

Keimanan juga ditujukan pada hubungan antara kepedulian dengan sesama manusia yang kurang mampu seperti anak yatim, kaum dhuafa, musafir atau ibadah sosial.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Paylater Mandiri, Mudah dan Praktis, Tenor Angsuran 12 Bulan

Selanjutnya, Syaikh Abdul Majid Az-Zandani dalam bukunya menjelaskan bahwa iman dalam Islam nantinya akan memotivasi hamba untuk senantiasa menaati Allah dan menjauhi larangan-Nya. Dengan keimanan juga seorang mukmin bisa mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat nanti.

BACA JUGA:Ada Orang Kesurupan Nonton Jaranan, Ini Mantra untuk Menyadarkannya

Persoalan iman juga dibahas dalam hadis seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW ditanya mengenai "Apa amal yang paling utama?" Maka Rasul menjawab

"Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya." Kemudian beliau ditanya lagi "lalu apa?" beliau menjawab "Jihad di jalan Allah".

Demikianlah ulasan mengenai, daftar 8 suku di Indonesia ini masih belum percaya tuhan.

 

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: