Iklan dempo dalam berita

7 Daerah Ini Penghasil Harta Karun Pasir Besi Terbesar di Indonesia, Bukan Papua Nomor 1

7 Daerah Ini Penghasil Harta Karun Pasir Besi Terbesar di Indonesia, Bukan Papua Nomor 1

Daerah penghasil harta karun tambang pasir besi terbesar di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 7 daerah ini penghasil harta karun pasir besi terbesar di Indonesia, bukan Papua nomor 1.

Sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah, beberapa daerah di Indonesia mempunyai beragam jenis hasil tambang, salah satunya pasir besi.

BACA JUGA:Nyaris Perfect! Ini Daftar Hp Android Harga Rp 3 Jutaan Paling Banyak Diburu, Pilih yang Mana?

Tersebarnya pasir besi ini, menjadikan ada beberapa daerah penghasil pasir besi terbesar di Indonesia. Pasir besi memiliki kandungan silika, kalsium, titanium, dan vanadium yang bisa diolah menjadi biji besi.

Hasil tambang ini juga memiliki konsentrasi besi yang tinggi sehingga memiliki warna hitam atau abu-abu gelap.

Menjadi salah satu komponen penting yang dihasilkan dari serangkaian penambangan, pasir besi tidak dapat diperbarui sehingga diperlukan kehati-hatian dalam penerapan konsep pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA:Ini Rekomendasi Hp Kamera Terbaik Harga Rp 3-4 Jutaan, Cocok untuk Para Content Creator

Hal ini agar sumber daya alam tersebut tidak habis dikemudian hari. Meski Indonesia memiliki ragam hasil tambang, namun pasir besi ini langka dan hanya ada beberapa daerah penghasil pasir besi terbesar di Indonesia, seperti berikut ini:

1. Cilacap Jawa Tengah (2.644.236 ton)
Cilacap adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Barat. Daerah ini memiliki tambang pasir besi yang sangat besar dan sudah mulai berjalan dari tahun 1970, dimana tambang tersebut dijalankan oleh sebuah perusahaan bernama PT. Aneka Tambang.

Dari hasil tambang pasir besi di Cilacap Jawa Tengah diperkirakan mencapai 2.644.236 ton. Dari pasir besi tersebut kemudian diolah menjadi 300.000 ton bijih besi yang akan diekspor ke beberapa negara maju termasuk Jepang.

Namun, sejak 1 Oktober 2003 pengoperasian tambang pasir besi dihentikan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara.

BACA JUGA:Makin Kaya, Arab Saudi Temukan Cadangan Tambang Emas Terbaru, di Sini Titik Lokasinya

2. Papua (1.300.000 ton)

Papua adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang berada di Indonesia bagian timur. Papua sendiri memang terkenal dengan kekayaan alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: