Iklan dempo dalam berita

Naudzbillah, Buya Yahya Sebut Ada 3 Adab yang Sering Dilanggar Ketika Seseorang Pulang dari Ibadah Haji

Naudzbillah, Buya Yahya Sebut Ada 3 Adab yang Sering Dilanggar Ketika Seseorang Pulang dari Ibadah Haji

Naudzbillah, Buya Yahya Sebut Ada 3 Adab yang Sering Dilanggar --Foto: ist

3. Tidak Marah Ketika Tidak Dipanggil Haji

Namun disamping itu Buya pun berpesan kepada yang telah melaksanakan ibadah haji untuk bersikap biasa saja ketika ada orang yang tidak memanggilnya dengan gelar haji. Jangan sampai marah gara-gara tidak dipanggil dengan gelar haji.

Hati-hati apabila timbul rasa marah dalam hati kita ketika tidak dipanggil dengan sebutan haji, bisa jadi syaitan telah berhasil menanamkan benih-benih kesombongan ke dalam hati kita.

“Cuma kalau Anda sudah haji tiba-tiba tidak dipanggil pak haji ya nyantai, jangan ingin dipanggil pak haji. Begitulah cara syaitan menggoda dan merusak hati kita, sebab ibadah yang andalannya hanya orang kaya ya hanya ibadah haji saja, pakai duit banyak,” imbau Buya

BACA JUGA:Idul Adha, Begini Tata Cara dan Hukum Kurban Ketika Menunaikan Ibadah Haji

Maka kesimpulannya adalah kita menjaga hati kita agar senantiasa berhusnudzon kepada yang telah melaksanakan ibadah haji, kemudian menjaga hati kita agar tidak menyakiti perasaan orang lain dengan mengikuti kebiasaan yang ada di masyarakat untuk menyematkan panggilan haji kepada yang telah berhaji, dan terakhir menjaga hati kita dari sifat sombong karena telah melaksanakan ibadah haji dengan bersikap biasa-biasa saja ketika ada orang yang tidak memanggil dengan sebutan haji.

“Jaga hati orang agar tidak menyakiti, panggil dia dengan pak haji, jaga hati kita agar tidak sombong, jangan marah jangan gelisah, di saat tidak dipanggil pak haji,” pungkas Buya

BACA JUGA:Belum Terwujud untuk Menunaikan Ibadah Haji? Amalkan Amalan Sederhana ini yang Pahalanya Seperti Naik Haji

Semoga Allah Swt menghindarkan kita dari sifat iri, dengki, dan sombong dalam hati kita. Dan semoga Allah Swt menghadirkan kerinduan dan memudahkan langkah kita untuk berangkat haji. Amiin.

Nah itulah penjelasan Buya Yahya mengenai 3 adab yang sering dilanggar ketika seseorang pulang dari ibadah haji.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: