Iklan dempo dalam berita

7 Penyebab Pinjol Ditolak Meski Belum Pernah Ajukan, Ini Tips Mengatasi agar Disetujui

7 Penyebab Pinjol Ditolak Meski Belum Pernah Ajukan, Ini Tips Mengatasi agar Disetujui

Penyebab pinjol ditolak--ist

Karena layanan keuangan pinjaman online juga terhubung dengan data perbankan, bukan tidak mungkin tagihan kartu kredit juga ikut menjadi penyebab gagalnya pengajuan pinjaman.

Meskipun berbagai persyaratan telah dipenuhi, bisa saja pengajuan pinjaman ditolak karena ada tagihan menunggak yang tidak bisa ditolerir. Hal ini beralasan karena tentunya penyedia layanan tidak bisa mengambil risiko.

3. Riwayat kredit yang buruk

Selain memeriksa tagihan yang tertunggak, penyedia pinjaman juga membutuhkan data riwayat kredit calon peminjam. Untuk mendapatkan informasi ini, penyedia pinjaman melakukan BI checking.

BACA JUGA:Duduki Peringkat 6, Atlet Popda Seluma Sumbang 13 Medali. Ini Rinciannya

Jika terdapat banyak denda, pembayaran yang terlambat, atau catatan buruk lainnya, kemungkinan besar pengajuan pinjaman akan ditolak. Penyedia pinjaman melihat risiko bahwa calon peminjam gagal bayar (galbay) terlalu tinggi, sehingga mereka enggan memberikan kredit.

4. Masuk daftar hitam

Jika seseorang pernah menggunakan data diri, KTP palsu, maupun informasi pendukung lain yang ternyata dipalsukan untuk urusan keuangan, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman online tidak akan disetujui.

Insiden pemalsuan data (fraud) ini tergolong sebagai kesalahan fatal yang berujung pada black list (daftar hitam). 

Jika identitas masuk ke dalam daftar ini, maka Anda tidak akan pernah bisa mengajukan layanan pinjaman apa pun.

Masuk daftar hitam juga bisa menjadi akibat dari tidak membayar pinjaman online. Karenanya, usahakan selalu melunasi utang yang ada agar pengajuan kredit di lain hari tetap disetujui.

BACA JUGA:Cara Pinjam di DANA, Langsung Cair Tanpa Jaminan, Syarat Miliki Akun Aktif dan KTP

5. Gagal verifikasi

Penyebab yang juga cukup sering terjadi adalah kurang telitinya peminjam pada saat mengisi form pengajuan pinjaman. 

Dalam hal ini, peminjam biasanya mengisi formulir dengan tidak jelas, mencantumkan nomor HP atau kontak yang tidak aktif atau bahkan salah. Hal ini bisa saja dikarenakan peminjam yang tergesa-gesa dalam melengkapi data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: