Iklan RBTV Dalam Berita

Ini 10 Kota Terpanas di Indonesia Mei 2024, Nomor 1 Suhunya 36 Derajat Celsius

Ini 10 Kota Terpanas di Indonesia Mei 2024, Nomor 1 Suhunya 36 Derajat Celsius

Kota terpanas di Indonesia per Mei 2024--

Walaupun memang disebutkan bahwa wilayah Asia sedang dilanda fenomena heatwave, ternyata cuaca panas ini bukan disebabkan oleh heatwave.

Seperti tertera di website resminya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan suhu panas yang terjadi saat ini dipengaruhi pemanasan permukaan sebagai dampak pembentukan awan dan curah hujan yang berkurang. Kondisi seperti ini umum terjadi ketika masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

BACA JUGA:KUR BRI 2024, Jenis Kur dan Limit Pinjaman Bervariasi, Maksimal Rp500 Juta

Masa peralihan musim ini biasanya ditandai dengan cuaca cerah di pagi hari lalu terjadi pertumbuhan awan disertai peningkatan suhu udara, Tanda lainnya terkait penyebab suhu panas adalah kemudian turun hujan di waktu sore menjelang malam.

Menurut hasil pantauan dari jaringan pengamatan BMKG, terhitung hingga awal Mei 2024 baru 8% wilayah Indonesia saja yang memasuki musim kemarau.

Jadi, wilayah tersebut mencakup sebagian Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Pangandaran Jawa Barat, dan Riau bagian utara.

BACA JUGA:Beruntung Bagi yang Sering Mengumandang Adzan, Dosa Mereka Diampuni Sejauh Jangkauan Adzan

Sedangkan untuk sebagian wilayah pulau Jawa, pulau Sumatera, Sulawesi Selatan, sebagian Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua Bagian Timur baru akan memasuki musim kemarau pada periode hingga satu bulan ke depan.

Sebagai informasi tambahan, puncak panas tahun 2024 di Indonesia menjadi perhatian serius mengingat dampaknya yang signifikan terhadap kehidupan sehari-hari dan kondisi lingkungan.

BACA JUGA:Jangan Bingung, Gadai SK Bisa Cair Sampai Rp 3 Miliar, Ini Tabel Pinjaman PPPK BRI dan Besaran Bunganya

Berdasarkan prediksi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Profesor Riset bidang Meteorologi di Pusat Riset Iklim dan Atmosfer, Eddy Hermawan, memperkirakan bahwa puncak cuaca panas yang sedang melanda saat ini akan terjadi sekitar bulan Juli 2024.

Namun, kapan cuaca panas ini akan berakhir masih belum bisa dipastikan.

BACA JUGA:Siapkan Joranmu, Ini 6 Doa Mancing Ikan Biar Rajin Strike

Penyebab Utama Cuaca Panas

Eddy menjelaskan bahwa hasil analisis berbasis perilaku data Indian Ocean Dipole (IOD) di Samudra Hindia menunjukkan bahwa kondisi panas mulai terjadi sejak April 2024, terutama di kawasan barat Indonesia dan Pantai Utara Pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: