Iklan dempo dalam berita

Ternyata Menurut Ahli, Ini Asal Usul Masyarakat Indonesia

Ternyata Menurut Ahli, Ini Asal Usul Masyarakat Indonesia

Asal orang Indonesia menurut para ahli--

BACA JUGA:Tak Perlu Baking Powder, Begini Cara Membuat Pisang Goreng Krispi dan Tahan Lama

Hasilnya, Willem menemukan ada bangsa yang berbahasa Togon, bangsa yang berbahasa Jerman, serta bangsa yang berbahasa Austria. Kemudian, bangsa yang berbahasa Austria dibagi menjadi dua, yaitu bahasa Austro Asia dan Austronesia.

Nah, bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia inilah yang disebut Willem tinggal di wilayah Indonesia, Melanesia, dan Polinesia.

2. Van Heine Geldern

Seorang ahli bernama Van Heine Geldern percaya kalau bahasa Indonesia berasal dari Asia Tengah, sama halnya seperti yang diungkapkan oleh Kern. Teori ini semakin kuat berkat ditemukannya sejumlah artefak.

Artefak tersebut merupakan perwujudan budaya yang banyak ditemukan di Indonesia. Sayangnya, saat diteliti lebih lanjut ternyata banyak ditemukan kesamaan dengan artefak di daratan Asia.

BACA JUGA:10 Cara Kredit HP di Akulaku, Solusi HP Baru Disaat Budget Lagi Pas-pasan

3. Prof. Dr H. Kern

Pendapat selanjutnya datang dari Prof. Dr. H. Kern. Ilmuwan asal Belanda itu menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia.

Awalnya, Kern melihat bahasa-bahasa yang digunakan di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia punya akar bahasa yang sama, yaitu bahasa Austronesia.

Pendapat Kern sekilas hampir senada dengan Willem Smith. Hanya saja, Kern menyimpulkan lagi jika bangsa Indonesia berasal dari satu daerah dengan masyarakat yang menggunakan bahasa Campa. Mereka hijrah ke kepulauan Indonesia dengan perahu bercadik.

Pendapat Kern juga didukung dengan persamaan nama dan bahasa yang dipakai di wilayah Campa dengan Indonesia. Akan tetapi, pendapat Kern disangkal oleh K. Himly dan P. W. Schmidt berdasarkan perbendaharaan bahasa Campa.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR Mandiri 2024 Rp 10-100 Juta Tenor 5 Tahun, Ini Simulasi Cicilan Per Bulannya

4. Drs Moh. Ali

Pendapat selanjutnya datang dari Drs Moh. Ali yang mendukung teori Yunnan. Ia mengatakan kalau nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar yang terletak di daratan Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: