Iklan dempo dalam berita

Catatan Sejarah, Ini Orang Indonesia Pertama yang Berangkat Haji, Berhaji Tahun 1380

Catatan Sejarah, Ini Orang Indonesia Pertama yang Berangkat Haji, Berhaji Tahun 1380

Siapa orang pertama Indonesia yang menunaikan ibadah haji?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ratusan ribu penduduk Indonesia saat ini berada di Arab Saudi. Mereka datang untuk menunaikan ibadah haji.

Selama ini Indonesia menjadi negara terbanyak yang mengirim penduduknya untuk menunaikan ibadah haji. Wajar saja, selain berpenduduk ratusan juta orang, mayoritas penduduk Indonesia memang memeluk agama Islam.

Meski sebagai negara yang banyak mengirim masyarakatnya untuk menunaikan ibadah haji, tahukah Anda siapa orang Indonesia pertama yang menunaikan ibadah haji?

BACA JUGA:Tabel Angsuran Kupra BRI 2024, Plafon Rp 1-100 Juta Tenor 60 Bulan,Ini Syarat dan Cara Pinjam Kupra BRi

Perjalanan religi masyarakat Indonesia ke tanah suci sudah ada sebelum masuknya penjajahan Belanda. Namun, tidak ada data pasti siapa orang Indonesia pertama yang pergi menunaikan rukun Islam kelima itu.

Peneliti asal Belanda, Martin van Bruinessen, dalam artikelnya Mencari Ilmu dan Pahala di Tanah Suci: Orang Nusantara Naik Haji, menuliskan, pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, jumlah orang Nusantara yang berhaji berkisar antara 10 dan 20 persen dari seluruh jemaah.

Malah pada dasawarsa 1920-an sekitar 40 persen dari seluruh jemaah berasal dari Indonesia. 

Masih menurut Martin, orang Indonesia yang tinggal bertahun-tahun atau menetap di Mekkah, umumnya untuk menuntut ilmu agama.

BACA JUGA:Tabel Angsuran Kupedes BRI 2024 untuk Pinjaman Rp1-250 Juta, Tenor 60 Bulan, Syarat Usia Minimal 18 Tahun

Jumlah mereka cukup banyak ketika itu. Bahkan pada tahun 1860, bahasa Melayu menjadi bahasa kedua di Mekkah, setelah bahasa Arab.

Sumber lain menyebutkan, Bratalegawa menjadi orang pribumi pertama yang melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Ia berangkat pada abad ke-13 atau sekitar tahun 1380. 

Informasi ini didapat dari naskah kuno Purwaka Caruban Nagari dan Negara Kertabumi.

Sementara dalam catatan sejarah lainnya, tepatnya di era kolonialisme Belanda, Pangeran Abdul Dohhar, putra dari Sultan Ageng Tirtayasa, disebutkan menjadi orang Indonesia pertama yang melaksanakan ibadah haji. 

Ia berangkat haji pada tahun 1630 menggunakan kapal laut dengan waktu perjalanan selama dua tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: