Iklan dempo dalam berita

Intip Rincian Biaya Pembuatan SIM A 2024, Lengkap dengan Tips agar Lolos Tanpa Calo

Intip Rincian Biaya Pembuatan SIM A 2024, Lengkap dengan Tips agar Lolos Tanpa Calo

Rincian Biaya Pembuatan SIM A 2024--

BACA JUGA:Dijamin Cepat Cair! Begini Cara Pinjam Uang di Koperasi Online, Syaratnya Punya KTP dan NPWP

Baru setelah pendaftaran, berkas Anda akan diverifikasi oleh petugas terkait. Setelah itu, Anda mesti mengikuti ujian teori maupun ujian praktik sebagai syarat kelolosan. Jika lolos, barulah Anda akan masuk ke tahap wawancara dan validasi dokumen.  

BACA JUGA:Daftar Motor Bebek Honda Terbaru 2024, Ada yang Rp 70 Jutaan, Simak Kelebihannya

Pendaftaran Offline

1. Sebelum ke Satpas untuk membuat SIM A, siapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk membuat SIM A terlebih dahulu, seperti fotokopi KTP, surat bukti sehat jasmani dan rohani, serta dokumen-dokumen lain yang disebutkan di poin syarat di atas. Lalu, masukkan semuanya ke satu map.

BACA JUGA:Yakin Aman? Ini 7 Risiko Galbay Paylater, Jangan Coba-coba Mangkir, Urusan Bisa sampai Hukum

2. Setelah itu, kamu bisa mengunjungi kantor Satpas di hari kerja. Pastikan tidak memakai pakaian berwarna biru untuk keperluan foto pembuatan SIM A di Satpas dan datang lebih pagi untuk menghindari antrean panjang.

BACA JUGA:Mantap Banget! Ini Daftar Mobil Keluarga yang Pajaknya Murah, Mulai dari Rp 900 Ribuan

3. Sesampainya di Satpas dan mendapat giliran, kamu serahkan map berisi dokumen-dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya ke petugas. Petugas ini akan menyerahkan formulir permohonan pembuatan SIM A. Carmudian juga akan diminta membayar biaya pembuatan SIM tersebut.

BACA JUGA:Pemilik Mobil Listrik Wajib Tahu, Segini Pajak Mobil Listrik di Indonesia, Cek juga Insentif Pajaknya

4. Setelah formulir diisi dan bayar, kamu tinggal menunggu namanya dipanggil.

5. Setelah dipanggil, kamu akan diminta mengikuti ujian teori. Jika gagal, kamu akan diberikan kesempatan mengulang ujian teori sampai tiga kali di waktu tertentu.

6. Jika lulus, selanjutnya akan diminta mengikuti ujian praktik. Untuk SIM A, kamu akan diberikan tes mengemudikan mobil di medan jalan yang sudah disiapkan dari petugas.

BACA JUGA:Biar Ngga Salah, Ini Aturan Pajak UMKM 2024 Sesuai Kategori Penghasilan

7. Jika dinyatakan lulus ujian praktik, kamu bisa melakukan proses identifikasi (tanda tangan, foto wajah, hingga perekaman biometrik berupa sidik jari dan/atau pengenalan wajah maupun retina mata).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: