Iklan dempo dalam berita

Sering Dicap Korupsi! Penasaran Bagaimana FIFA Menghasilkan Uang? Ini Sumber Penghasilannya

Sering Dicap Korupsi! Penasaran Bagaimana FIFA Menghasilkan Uang? Ini Sumber Penghasilannya

Sumber pendapatan FIFA sebagai organisasi sepak bola dunia--

Pada tahun 2021, yang merupakan tahun non-Piala Dunia, FIFA menerima pendapatan sebesar $766 juta. 

Pendapatan utama FIFA berasal dari hak televisi, hak pemasaran, penjualan tiket, dan lisensi merek.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ini 9 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Hak Televisi: Sumber Pendapatan Utama FIFA

Sebagian besar pendapatan FIFA berasal dari penjualan hak siar televisi untuk Piala Dunia dan turnamen internasional lainnya. 

Dari $6,4 miliar yang dihasilkan dalam siklus terakhir, $4,6 miliar berasal dari hak televisi. Merek-merek global membayar FIFA untuk hak beriklan di acara mereka, yang berarti mereka dapat mempromosikan produk dan layanan mereka kepada audiens global yang sangat besar. 

Merek-merek terbesar dapat bermitra dengan FIFA dalam rencana pengembangan dan tanggung jawab sosialnya, yang berarti mereka berinvestasi dalam olahraga sepak bola di tingkat internasional, nasional, dan akar rumput.

BACA JUGA:Sejarah Kerajaan di Bengkulu hingga Terbentuknya Aksara Suku Rejang, Ada Sejak Kapan?

Piala Dunia adalah salah satu acara televisi yang paling banyak ditonton di planet ini. Pada tahun 2022, diperkirakan lebih dari lima miliar orang, lebih dari setengah populasi Bumi, akan menonton turnamen ini. 

Ini adalah audiens yang sangat besar untuk menjual barang dan layanan, sehingga membuat hak televisi menjadi sangat berharga bagi FIFA.

Hak Pemasaran: Kesempatan Emas untuk Merek Global

Dalam siklus pra-Piala Dunia 2018, kesepakatan hak pemasaran mendatangkan $1,66 miliar untuk FIFA. Bahkan pada tahun 2021, pendapatan dari penjualan hak pemasaran mencapai $131 juta. 

Merek-merek terbesar berikutnya diizinkan untuk beriklan di Piala Dunia, yang memberikan mereka eksposur luas ke audiens global. 

Dengan lebih dari lima miliar orang menonton, ini adalah kesempatan emas bagi perusahaan untuk mempromosikan produk mereka.

BACA JUGA:Mengenal Suku Rejang, Suku Tertua di Bumi Rafflesia yang Punya Tradisi Unik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: