Iklan dempo dalam berita

Mau Lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Ikuti Cara Berikut

Mau Lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Ikuti Cara Berikut

Perlu persiapan yang cukup sebelum mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Diterima kuliah di kampus ternama adalah kebanggan setiap orang. Namun tentu saja tidak mudah mendapatkannya. 

Walaupun sekarang sudah ada tiga tahapan seleksi masuk perguruan tinggi negeri, tidak ada jaminan kita bisa lulus dari salah satu tahapan tersebut. Sudah banyak orang yang mengikuti seluruh tahapan seleksi, namun akhirnya tetap saja tidak diterima.

BACA JUGA:Sebelum Daftar Seleksi PTN, Pahami Daya Tampung Terbanyak di Kampus Top Indonesia

Untuk lulus di kampung ternama, tentu saja butuh usaha keras, tidak pantang menyerah, persiapan yang cukup atau bahkan lebih dan tentu saja perlu banyak-banyak berdoa.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri. 

 

1. Jalur Seleksi yang Tepat

Ada tiga jalur seleksi masuk PTN, yaitu SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri. Setiap jalur seleksi memiliki karakteristik dan persyaratannya masing-masing, sehingga diperlukan persiapan yang berbeda pula.

SNBP bertujuan untuk menjaring siswa yang menunjukkan prestasi tinggi di bidang akademik dan non-akademik. Untuk itu, kamu harus memastikan nilai rapor kamu masuk ke dalam 40 persen tertinggi untuk sekolah akreditasi A, 25 persen untuk sekolah akreditasi B, dan 5 persen untuk sekolah akreditas C. 

Prestasi non-akademik juga penting, seperti menjuarai kompetisi Saintek dan Seni-Budaya akan menunjang daya saing di SNBP.

SNBT/UTBK bertujuan untuk menjaring siswa dengan kompetensi akademik dan skolastik tinggi. Kesuksesan pada SNBT tergantung pada kemampuan penalaran kamu dan potensi skolastik.

Terakhir, Seleksi Mandiri bertujuan untuk menjaring siswa dengan profil kompetensi akademik yang sesuai dengan profil masing-masing PTN.

 

BACA JUGA:Musim Daftar Kuliah, Pahami Tiga Tahapan Seleksi PTN, Tahap Pertama sudah Selesai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: