Iklan RBTV Dalam Berita

Luar Biasa, Cadangan Harta Karun Emas di Papua jadi Incaran Perusahaan Asing

Luar Biasa, Cadangan Harta Karun Emas di Papua jadi Incaran Perusahaan Asing

Cadangan Harta Karun Emas di Papua jadi Incaran Perusahaan Asing --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia. Salah satu wilayah yang menyumbang kekayaan ini adalah Papua. Harta karun emas di Papua jadi yang terbesar di dunia dengan nilai fantastis dan dilirik perusahaan asing!

BACA JUGA:Begini Asal Usul Suku Mentawai yang Tinggal Bersama dalam Satu Rumah Adat

Wilayah Papua, yang terletak di ujung timur Indonesia, terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah, termasuk cadangan emas yang sangat besar. 

Hal ini menjadikan Papua sebagai sasaran bagi banyak perusahaan asing yang ingin mengeksploitasi kekayaan alam tersebut. Tidak heran banyak perusahaan asing yang berebut izin untuk melakukan eksploitasi di Papua.

BACA JUGA:Begini Asal Usul Uang di Indonesia hingga Sekarang Bisa di Pakai ‘Jajan’

Kekayaan Alam Papua

Papua adalah wilayah yang kaya akan berbagai bahan tambang seperti tembaga, emas, batu bara, besi, batu kapur, pasir kaolin, minyak bumi, dan gas alam. Data menunjukkan bahwa sumber daya mineral di Papua sangat berharga dan patut dijaga oleh Indonesia. 

BACA JUGA:Ini Kepribadian Dilihat dari Perhiasan yang Sering Dipakai, Bagaimana Kepribadianmu?

Dari berbagai jenis bahan tambang ini, emas menjadi salah satu yang paling menonjol. Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2020, cadangan bijih emas terbesar di Indonesia berada di Tanah Papua, yaitu sebesar 52% dari total cadangan bijih emas nasional.

BACA JUGA:ESG Mission AHM, Serunya Pengalaman Berkendara Motor Listrik Honda EM1 e

Tambang Emas Terbesar di Papua

Papua memiliki tambang emas terbesar di Indonesia, yang tersebar di enam kabupaten. Tambang emas terbesar di Papua adalah Tambang Grasberg, yang terletak di Kabupaten Mimika, Papua Tengah. 

BACA JUGA:Begini Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Teori Para Ahli, Benarkah Berasal dari Luar Negeri?

Tambang Grasberg dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI), sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang eksplorasi, pertambangan, pemprosesan, dan pemasaran konsentrat tembaga, emas, dan perak. Tambang Grasberg dapat menghasilkan sekitar 3 juta ons emas per tahun, atau sekitar 240 kilogram emas murni setiap hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: