Iklan dempo dalam berita

Kapan Puasa Arafah 2024? Ini Jadwalnya, Simak 5 Keutamaan serta Niat Melaksanakannya

Kapan Puasa Arafah 2024? Ini Jadwalnya, Simak 5 Keutamaan serta Niat Melaksanakannya

Jadwal Puasa Arafah 2024--

Puasa Arafah memiliki banyak keutamaan yang bisa didapatkan oleh mereka yang melaksanakannya.

Puasa ini menjadi salah satu contoh berkah Idul Adha bukan hanya untuk mereka yang sedang menunaikan ibadah Haji, namun seluruh umat Islam bisa mendapatkannya melalui sunnah-sunnah yang telah dianjurkan.

Berikut ini keutamaan puasa Arafah:

1. Salah satu sunah Rasulullah SAW


أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: "Ada 4 perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah yaitu puasa Asyura, puasa hari Arafah, puasa 3 hari setiap bulan, dan salat 2 rakaat sebelum subuh," (HR. An Nasa'i dan Ahmad).

BACA JUGA:Hewan Ayam dan Angsa Bisa Jadi Hewan Kurban? Ini Kata Ulama

2. Dibebaskan dari api neraka


مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيْهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ

Artinya: "Tidak ada hari yang Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada pada hari Arafah," (HR Muslim).

3. Doa pada hari Arafah adalah doa yang paling baik


خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِي لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: "Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Dan, sebaik- baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan, 'La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa 'ala kulli sya-in qadir' (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah, kecuali Allah semata; tidak ada sekutu bagi-Nya, miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu)" (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Infonya 3 Jenis Daun Herbal Ini Ampuh untuk Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

4. Hari yang paling dicintai Allah SWT

Dari Ibnu Umar RA, Nabi SAW bersabda:

"Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Zulhijah)" (HR Ahmad).

5. Mendapat pahala seperti Nabi Isa AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: