Iklan dempo dalam berita

Bisa Pengaruhi Kesehatan dan Keamanan, Ini 7 Jenis Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

Bisa Pengaruhi Kesehatan dan Keamanan, Ini 7 Jenis Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

Bisa Pengaruhi Kesehatan dan Keamanan, Ini 7 Jenis Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah--Foto: ist

Tergolong sebagai salah satu sumber daya alam yang paling bermanfaat, bambu sering dibudidayakan sebagai bahan bangunan, perabot dan berbagai manfaat lain. Filosofi tanaman bambu juga dianggap positif dan kehadirannya juga membuat suasana lebih tenang. 

Namun, ternyata bambu masuk jadi salah satu tanaman di depan rumah. Alasannya karena pertumbuhannya termasuk cepat dan sering kali tidak terkendali. Jika tidak direncanakan dengan strategi lanskap yang tepat, bisa-bisa tetangga mengeluh karena pertumbuhan bambu tersebut yang rentan merusak infrastruktur sekitar.

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini Tanaman untuk Obat Herbal Tangani Racun Ular Berbisa

2. Tanaman Hias Ivy

Tanaman hias Ivy terkenal sebagai salah satu yang estetik dengan sifat merambat yang kerap menempel di dinding. Tanaman ini merambat dengan daun berbentuk unik, bahkan disukai sebagai hiasan rumah dengan dinding tinggi. Jika terkendali, maka tanaman hias Ivy sesungguhnya boleh dipertimbangkan. 

Namun, Ivy bisa juga jadi tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah karena pertumbuhannya dapat berpotensi menghalangi selokan atau jalur pembuangan air. Bahkan setelah dicabut, akar tanaman Ivy tergolong kuat dan bisa terus tumbuh merusak tembok. 

BACA JUGA:Mitos Daun Pandan Ditanam Depan Rumah, Tanaman Pembawa Rezeki

3. Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah – Eukaliptus

Jenis pohon atau tanaman dengan akar kokoh besar, seperti pohon jati atau pohon eukaliptus sejatinya kurang cocok ditanam di depan rumah. Ini karena kebutuhan resapan air pohon tersebut sangat tinggi. Akibatnya, vegetasi atau tanaman lain terancam bersaing akan kebutuhan air dan bahkan bisa merusak kondisi tanah. Jika pohon terlalu besar juga ada potensi patah dan lebih berisiko dari segi keamanan. 

4. Tanaman Mint

Dari jenis herbal ada juga tanaman depan rumah, yaitu tanaman mint. Walaupun banyak khasiat, termasuk sebagai obat-obatan dan bumbu dapur, tanaman mint memiliki akar yang sangat invasif. Kemampuan tumbuh cepat dan menyebar bisa menyebabkan bagian depan rumah terlihat awut-awutan. 

Sebaiknya tanaman ini dibudidayakan di dalam pot saja. Pilihlah model pot yang estetik, misalnya yang dilengkapi dengan kaki kayu seperti produk di atas. Pilih juga yang warnanya netral agar tanaman daun mint terlihat kontras dan menonjol. Kalau ditaruh di dalam pot seperti ini, tampilannya bakal jadi lebih rapi, deh.

BACA JUGA:Ini 9 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Feng Shui, Katanya Cuan Bakal Ngalir Terus

5. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Jangan panik dulu jika kamu punya tanaman lidah buaya di rumah. Lidah buaya atau aloe vera ini hanya akan menjadi tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah jika jumlahnya terlalu banyak dan kamu memiliki hewan peliharaan di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: