Iklan RBTV Dalam Berita

Sering Diabaikan, Siapa yang Menetapkan 1 Minggu 7 Hari dan 1 Hari 24 Jam?

Sering Diabaikan, Siapa yang Menetapkan 1 Minggu 7 Hari dan 1 Hari 24 Jam?

Siapa yang menetapkan 1 minggu 7 hari?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – waktu selalu menemani kita setiap saat. Dari pergantian jam, pergantian hari hingga tahun. Namun pernahkah kita bertanya siapa yang menemukan atau menetapkan waktu?

Siapa yang menetapkan 1 minggu 7 hari? Kenapa 1 minggu tidak 5 hari? Siapa yang menetapkan 1 hari 24 jam? Siapa yang menetapkan 1 jam 60 menit?

Pencatatan waktu diketahui berasal dari pergerakan bumi, bulan, dan matahari, untuk menentukan waktu lama dalam setahun, bulan, dan hari.

Orang Babilonia adalah orang yang membuat minggu menjadi 7 hari. Walaupun di peradaban lain ada yang menggunakan 8 dan 10 hari.

BACA JUGA:Kenapa Kapal Laut Bisa Mengapung Padahal Terbuat dari Besi? Ternyata, Ini Alasannya

Dikutip dari Discover Magazine, salah satu peradaban awal yang memainkan peran penting dalam penentuan tujuh hari dalam seminggu adalah orang Babilonia. 

Mereka, yang tinggal di wilayah Irak modern, telah lama menjadi pengamat dan penafsir langit yang cerdas.

Orang Babilonia mengamati tujuh benda langit penting yaitu Matahari, Bulan, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. 

Dari pengamatan ini, mereka mendapatkan angka 7 untuk perhitungan benda langit tersebut.

Babilonia membagi bulan lunar mereka menjadi tujuh hari dalam seminggu, dengan hari terakhir dalam seminggu memiliki makna keagamaan tertentu.

Mengingat Bulan memiliki siklus 28 hari dan terlalu lama untuk diingat, sehingga mereka membagi bulan menjadi 4 minggu yang sama berisi 7 hari.

BACA JUGA:Apakah Harus Mandi Setelah Melayat Orang Meninggal? Begini Hukumnya Menurut Islam

Tidak hanya orang Babilonia, di peradaban lain yakni orang Mesir menggunakan sistem kalender 10 hari dalam seminggu. Sementara orang Romawi menggunakan sistem kalender 8 hari dalam seminggu.

Pada akhirnya, penggunaan 7 hari dalam seminggu disepakati banyak orang dan digunakan hingga sampai saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: