Iklan dempo dalam berita

Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah harus tahu, daerah ini penghasil harta karun tambang emas di Sumatera.

BACA JUGA:Ternyata Riau dan Sumsel Punya Harta Karun Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Segini Produksinya Perhari

Setelah Indonesia merdeka, ada banyak pertambangan emas industri di seantero Sumatra. Sebagian dari tambang-tambang sisa dinasionalisasi, atau ditutup karena kehabisan sumber daya.

Melansir dari halaman PT Agincourt Resources, di Sumatra Utara sendiri memiliki tambang emas dengan luas wilayah sekitar 130 ribu hektare, berdasarkan laporan Januari 2022 lalu. 

BACA JUGA:Ini 5 Jenis dan Syarat KUR Mandiri Tanpa Jaminan, Plafon Besar dan Cicilan Ringan!

Diketahui, Pulau Sumatra menyimpang 168 juta ton cadangan emas. Berikut ini beberapa daerah di Sumatera yang memiliki cadangan harta karun emas, yakni:

1. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

Di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terdapat Tambang emas Martabe. Tambang Martabe dioperasikan oleh PT Agincourt Resource. Tambang ini telah beroperasi sejak tahun 1997.

Potensi emas di tambang Martabe mencapai 8,05 juta ons. Sementara itu, potensi peraknya mencapai 77 juta ons. Pada tahun 2022 lalu, produksi emas dari tambang Martabe tercatat mencapai 280.000 ons.

BACA JUGA:Syarat Pengajuan KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 10 Juta, Angsurannya hanya Rp 200 Ribuan per Bulan

2. Aceh Tengah, Aceh

Provinsi Aceh, yang terletak di ujung utara Pulau Sumatera, memiliki sekitar 4,26% dari total cadangan emas yang diperkirakan di Indonesia. Kawasan sekitar kota Takengon diketahui memiliki deposit emas. 

Saat ini, perusahaan Far East melakukan eksplorasi di Aceh dengan hasil yang mengagumkan. Demikian pula dengan Baru Gold Corporation yang bekerja di area Miwah. 

BACA JUGA:Begini Cara Ajukan KUR BRI 2024 Online untuk Pinjaman Rp 30 Juta, Angsuran Mulai Rp 600 Ribuan per Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: