Iklan dempo dalam berita

Kapan Idul Adha di Arab Saudi 2024? Berikut Informasinya serta Informasi Idul Adha di Indonesia

Kapan Idul Adha di Arab Saudi 2024? Berikut Informasinya serta Informasi Idul Adha di Indonesia

Kapan Idul Adha di Arab Saudi 2024 --

Pemantauan hilal secara bersama-sama ini merupakan tradisi yang dilakukan untuk memastikan tanggal yang ditetapkan berdasarkan pengamatan langsung di lapangan.

Idul Adha di Indonesia

Sementara itu, Indonesia baru akan menetapkan tanggal perayaan Idul Adha 2024 setelah pemerintah melalui Kementerian Agama RI melaksanakan sidang isbat pada 7 Juni mendatang. 

Sidang isbat ini adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk menentukan awal bulan dalam kalender Hijriah berdasarkan hasil pemantauan hilal. 

BACA JUGA:Ternyata Riau dan Sumsel Punya Harta Karun Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Segini Produksinya Perhari

Sidang ini melibatkan berbagai pihak, termasuk ahli astronomi, ulama, serta perwakilan dari berbagai organisasi Islam di Indonesia.

Sidang isbat di Indonesia biasanya dilakukan di beberapa titik pengamatan hilal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

BACA JUGA:Waspada! Ini Ciri-ciri Terkena Covid Singapura, Salah Satunya Flu

Data dari pengamatan ini kemudian dianalisis untuk menentukan apakah hilal sudah terlihat atau belum. Jika hilal terlihat, maka bulan baru dalam kalender Hijriah dimulai, dan tanggal 1 Dzulhijjah akan ditetapkan. Dari sini, 10 hari kemudian akan jatuh pada Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA:Wajib Dicoba Nih! Ini Daftar 4 Warung Bakso Terenak di Bengkulu, Rekomendasi Para Content Creator

Persiapan di Indonesia

Di Indonesia, persiapan menyambut Idul Adha juga dilakukan dengan sungguh-sungguh. Masyarakat mulai mempersiapkan hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha.

Selain itu, berbagai kegiatan sosial dan keagamaan juga mulai dipersiapkan, termasuk pembagian daging kurban kepada mereka yang membutuhkan.

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Sertifikat Tanah Secara Online, Jangan Sampai Ketipu Mafia Tanah!

Kementerian Agama juga mengeluarkan himbauan kepada umat Muslim di Indonesia untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menyambut bulan Dzulhijjah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: