Iklan RBTV Dalam Berita

Punya Gelang Emas, Ini 6 Tips Membedakan Gelang Emas Palsu dan Asli

Punya Gelang Emas, Ini 6 Tips Membedakan Gelang Emas Palsu dan Asli

Punya Gelang Emas, Ini 6 Tips Membedakan Gelang Emas Palsu dan Asli--Foto: ist

Tips pertama untuk membedakan gelang emas asli dan palsu adalah dengan menggosokannya di atas kertas. Gelang emas asli tidak akan meninggalkan bekas saat digosokkan dengan kertas. Sedangkan gelang emas palsu akan meninggalkan bekas pada kertas. Cara yang satu ini sangat mudah dilakukan dan menggunakan alat yang mudah ditemukan di sekitar kita. 

BACA JUGA:Awas Emas Palsu, Ini 10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu dengan Tepat

3. Menggunakan Magnet

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan mendekatkan emas pada magnet. Emas asli bersifat non-magnetis, jadi ketika didekatkan dengan magnet maka emas tidak akan menempel. Sedangkan, emas palsu kemungkinan menggunakan bahan-bahan yang magnetis, sehingga jika diuji dengan magnet maka akan menempel. Namun, pengujian ini juga tidak memberikan jaminan keaslian emas yang kita beli karena masih banyak logam lain yang juga bersifat non-magnetis.

4. Warna Tidak Mudah Pudar

Tips berikutnya yang dapat kamu ikuti adalah melihat warna pada gelang emas yang kita beli. Gelang emas asli tidak akan mudah pudar meskipun kita menggunakannya terlalu sering. Sedangkan gelang emas palsu akan mudah pudar, apalagi jika terlalu sering dipakai. Emas asli juga tidak mudah berkarat bahkan jika dipakai atau disimpan dalam waktu yang lama. Cara ini mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk melihat perubahan warna pada perhiasan emas milikmu.

BACA JUGA:Heboh Soal Produksi 109 Emas Palsu, Ini 7 Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu yang Wajib Diketahui

5. Gosok dengan Jari

Cara membedakan gelang emas asli dan palsu berikutnya adalah dengan menggosok emas dengan jari. Kamu bisa menggosok permukaan gelang, cincin atau kalung emas yang ingin kamu beli dengan jari kamu. Jika emas tersebut berubah warna maka bisa dipastikan emas tersebut bukan emas asli melainkan emas palsu. Emas asli memiliki warna yang solid, sehingga saat digosok dengan jari atau benda lain, warnanya tidak akan berubah sama sekali.

6. Menggubakan Cuka

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan cuka. Cuka merupakan bahan yang terbuat dari fermentasi etanol dan biasanya digunakan untuk tambahan memasak. Cuka bahan rumahan yang mudah ditemukan sehingga kamu bisa memanfaatkan cuka untuk mengecek gelang emas asli milikmu. Teteskan cuka pada gelang emas asli milikmu dan lihat perubahan warnanya. Emas asli tidak akan berubah warna saat diteteskan cuka dan emas palsu akan berubah warna.

BACA JUGA:Kemasannya Mirip Kental Manis, Kenali Apa Itu Susu Evaporasi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Itulah tips membedakan gelang emas palsu dan asli.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: