Iklan RBTV Dalam Berita

Begini 7 Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu dengan Cuka, Segera Cek Punyamu!

Begini 7 Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu dengan Cuka, Segera Cek Punyamu!

Cek keaslian emas menggunakan cuka--

Selain cuka, siapkan alat lain seperti pipet, mangkuk atau gelas. Penggunaan pipet penting untuk mengontrol jumlah cuka yang diterapkan.

3. Meneteskan Cuka Secukupnya

Isi pipet setengahnya dengan cuka, teteskan 2-3 tetes cuka ke permukaan emas yang diletakkan di mangkuk, dan diamkan selama 15 menit.

BACA JUGA:Hilang Permanen, Begini Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

4. Melihat Perubahan Warna pada Emas

Jika emas berubah warna menjadi hitam atau hijau, itu menandakan adanya kandungan logam lain di dalamnya, bukan emas murni 24 karat. Emas dengan kemurnian 99,99% tidak akan bereaksi terhadap larutan cuka.

5. Membilas Emas dengan Air Bersih

Setelah ada reaksi terhadap cuka, bersihkan emas dengan air dingin hingga bersih. Pastikan tidak ada bau cuka yang tersisa.

6. Mengelap Emas Hingga Kering

Keringkan emas dengan mengelapnya menggunakan kain lap atau handuk bersih. Pastikan emas benar-benar kering sebelum menyimpannya.

BACA JUGA:Buruan! Ini Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan di Kalimantan Tengah, Jangan Sampai ketinggalan

7. Membuang Sisa Cuka

Langkah terakhir adalah membuang sisa cuka melalui saluran wastafel. Cuka dapat membantu membersihkan saluran pembuangan tanpa menyebabkan sumbatan.

Tes keaslian emas dengan cuka membuktikan bahwa emas asli tidak mudah terkena korosi, sementara logam lainnya lebih rentan terhadap asam. Jadi, jika Anda ingin menjaga keaslian emas Anda, tes ini bisa menjadi salah satu cara praktis untuk melakukannya.

Sementara itu, tidak hanya dengan cuka. Ada juga beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian emas yang Anda miliki. Berikut ini beberapa cara lain untuk memeriksa asli atau palsu emas Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: