Iklan dempo dalam berita

Perhatian Warga Sumatera Barat, Adakah Pemadaman Listrik Selanjutnya? Ini Penjelasan Terbaru dari PLN

Perhatian Warga Sumatera Barat, Adakah Pemadaman Listrik Selanjutnya? Ini Penjelasan Terbaru dari PLN

Kondisi terbaru pemadaman listrik di Sumatera Barat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Perhatian warga Sumatera Barat, adakah pemadaman listrik selanjutnya? Ini penjelasan terbaru dari PLN.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan seluruh masyarakat di wilayah Provinsi Sumatera Barat telah kembali dapat menikmati listrik PLN 100 persen sejak Kamis (7/6) pukul 00.53 WIB.

Dalam keterannya kepada wartawan, Eric mengatakan jika semua ini berkat dukungan dan doa dari Masyarakat. Sehingga pada pukul 00.53 PLN dapat memulihkan kembali 100 persen pasokan listrik ke seluruh Masyarakat.

BACA JUGA:Warga Lampung Wajib Tahu, Ini Syarat Pemutihan Pajak Motor Lampung, Buat Persiapan!

Sebelumnya, pada Selasa (04/06) telah terjadi gangguan pada jaringan transmisi SUTET 275 kV Linggau-Lahat, yang merupakan jaringan interkoneksi dan terhubung dengan sejumlah wilayah di Pulau Sumatra.

Segera setelah kejadian itu, tim PLN UID Sumatera Barat bergerak cepat, untuk melakukan koordinasi dan penormalan bertahap mulai dari sisi pembangkitan, transmisi, distribusi hingga ke seluruh pelanggan.

Upaya penormalan melibatkan penanganan pada 215 penyulang tegangan menengah 20 kV yang menyuplai 11.720 gardu distribusi, dan 1,7 juta pelanggan. 

BACA JUGA:Rakyat Sumatera Heboh Pemadaman Listrik, Ini Syarat untuk Mendapatkan Kompensasi dari PLN

Kecepatan dan dedikasi dalam penanganan ini tidak hanya memastikan pemulihan pasokan listrik, tetapi juga menjaga tingkat keselamatan dan kualitas pekerjaan yang optimal oleh petugas PLN untuk memastikan layanan kelistrikan kembali normal.

PLN menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat. Selain itu, PLN juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, stakeholder dan seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat atas dukungannya kepada PLN sehingga bisa optimal dalam melakukan pemulihan.

Selanjutnya, buntut dari pemadaman listrik massal di Sumatera, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta PLN untuk menangani masalah ini secara tugas. 

BACA JUGA:12 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Primbon Jawa, No 5 Hasilnya Bikin Hoki jika Ditanam

Kementerian ESDM menilai, perlu dilakukan audit dan investigasi pada jaringan kelistrikan terkait supaya kejadian yang sama tidak terjadi di kemudian hari. 

“Saya mendapat informasi memang ada gangguan. Tapi, informasi terbaru yang saya dapat hampir semua pulih, di atas 85 persen,” kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P Hutajulu, Rabu 6/6/2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: