Iklan dempo dalam berita

Maaf, PLN tak Sediakan Kompensasi Atas Pemadaman Listrik di Sumatera Berhari-hari

Maaf, PLN tak Sediakan Kompensasi Atas Pemadaman Listrik di Sumatera Berhari-hari

PLN tak Sediakan Kompensasi Atas Pemadaman Listrik di Sumatera Berhari-hari--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Maaf, PLN tak sediakan kompensasi atas pemadaman-listrik di Sumatera berhari-hari, berikut penjelasan pihak PLN.

Pemadaman listrik total alias blackout di Sumatra Selatan (Sumsel), ternyata menjalar hingga Sumatra Utara. Baru pada Rabu (5/6/2024) dini hari, listrik kembali menyala.

BACA JUGA:Pemadaman Listrik Aceh Hingga Lampung Dampak Blackout Pulau Sumatera, Ini Simulasi Hitungan Kompensasi PLN

Atas kejadian yang tidak mengenakkan ini, General Manager PLN UID Sumatera Utara, Saleh Siswanto menyampaikan permohonan maaf.

"Setelah terjadi gangguan kami langsung berupaya melakukan penormalan secara bertahap. Kami bersyukur sejak pukul 02.00 WIB dini hari kelistrikan di Sumatera Utara telah menyala kembali 100 persen," kata Saleh di Medan.

Saleh menyebut, gangguan listrik di Sumut yang terjadi pada Selasa (4/6/2024), akibat adanya masalah di jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat.

BACA JUGA:PLN Umumkan Pemadaman Listrik di Aceh Hingga Lampung, Ini Jadwalnya

Menurut dia, begitu persoalan itu diketahui, PLN Sumut langsung melakukan koordinasi dan pemulihan dari sisi pembangkit, jaringan transmisi hingga jaringan distribusi sampai akhirnya situasi kembali normal.

PLN Sumut pun menyampaikan bahwa mereka terus melakukan evaluasi agar kelistrikan Sumatera Utara terus optimal.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung kami dalam melakukan pemulihan listrik. Kami terus lakukan evaluasi dan perbaikan agar kejadian serupa tidak terulang dan kelistrikan di Sumatera Utara semakin andal," tutur Saleh.

BACA JUGA:Dugaan Penyebab Mati Lampu Serentak di Sumatera, Begini Cara Melaporkan Gangguan Listrik Lewat PLN Mobile

Sebelumnya, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (PLN UID S2JB) membenarkan adanya pemadaman listrik pada Selasa (4/6/2024). Tak main-main, aliran listrik di Sumsel mati total, istilahnya blackout.

Apa penyebabnya? Pihak PLN UID S2JB menunjuk adanya gangguan transmisi SUTT 275 KV Linggau-Lahat yang berdampak kepada sistem kelistrikan di Sumsel, Jambi dan Bengkulu.

"Pelanggan yang terhormat sehubungan dengan gangguan tranmisi SUTT 275 KV Linggau-Lahat sehingga berdampak pada sistem kelistrikan di wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu," tulis keterangan PLN UID S2JB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: