Iklan dempo dalam berita

Usulan Direspon Menteri Pertanian, Seluma Terima Bantuan Benih Padi Inpari 32

Usulan Direspon Menteri Pertanian, Seluma Terima Bantuan Benih Padi Inpari 32

Bantuan bibit padi untuk petani Seluma--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Usulan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma akhir Desember 2023 lalu, direspon positif oleh Dirjen Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI.

Ini setelah hasil kunjungan Bupati Seluma Erwin Octavian dan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma akhir tahun lalu baru diakomodir bulan ini.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan bantuan benih padi yang baru diterima yakni varietas unggul Inpari (Inbrida Padi Sawah Irigasi) 32.

BACA JUGA:Daftar 10 Negara yang Pernah Ganti Nama, Bagaimana dengan Indonesia Setelah Pindah Ibu Kota?

Jumlahnya sama dengan usulan sebelumnya, yakni sebanyak 160.550 kg atau 160 ton lebih untuk 481 kelompok tani.

Jumlah benih padi yang didroping Kementerian Pertanian tersebut langsung disalurkan kepada kelompok tani di Kabupaten Seluma sebanyak 50 persen atau sekitar 80 ton, pada Sabtu pekan lalu (1/6/2023).

Penyaluran bantuan ini di wilayah Kecamatan Talo Kecil dan Kecamatan Seluma. Sedangkan sisanya akan menyusul didroping dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA:Viral Demi Uang Rokok, Oknum Petugas Dishub Palak Sopir Pikap, Begini Respon Pejabat Dishub

"Alhamdulillah, hasil kunjungan pak Bupati Seluma tahun lalu, usulan kita sebanyak 160.550 kg atau setara 160 ton lebih benih padi unggul varietas Inpari 32, diakomodir seluruhnya oleh Dirjen Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, dan sekarang baru 50 persen tersalurkan," terang Arian Sosial.

Lanjutnya, kemasan per kampil benih padi yang disalurkan beratnya 5 kg, dan untuk kebutuhan dalam per hektarenya sebanyak 25 kg, sedangkan total lahan persawahan yang ada di Kabupaten Seluma seluas 6.422 hektare.

BACA JUGA:2 Tersangka Korupsi Dana BOS MAN 2 Kepahiang Kembalikan Kerugian Negara, Minus Mantan Kepala

"Ada 481 kelompok tani kita yang akan menerima bantuan benih padi unggul varietas Inpari 32 ini, per kampilnya beratnya 5 kg, jadi per hektarenya mendapat 25 kg. Kalau luasan areal persawahan kita seluas 6.422 hektare. Melalui, bantuan benih padi ini diharapkan terwujudnya daerah swasembada pangan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: