Iklan dempo dalam berita

10 Provinsi Termiskin di Indonesia 2024, Bengkulu Salah Satunya, Apa Penyebabnya?

10 Provinsi Termiskin di Indonesia 2024, Bengkulu Salah Satunya, Apa Penyebabnya?

10 Provinsi Termiskin di Indonesia 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 10 Besar Provinsi termiskin di Indonesia 2024, Bengkulu salah satunya, apa penyebabnya?

Setelah 78 tahun merdeka, Indonesia masih bergulat dengan persoalan kemiskinan, terutama di kawasan timur negara.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Tana Tidung 2024, dari 32 Jumlah Desa 10 Desa Ini dapat Kucuran Dana Lebih Rp 1 M

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa kemiskinan tetap menjadi tantangan besar dengan sejumlah provinsi termiskin di Indonesia yang masih memiliki tingkat kemiskinan di atas 10%.

Dalam penelusuran terbaru, tercatat bahwa ada 10 provinsi termiskin di Indonesia yang mendominasi daftar ini. Salah satunya yakni Provinsi Bengkulu masuk dalam daftar 10 Provinsi Termiskin di Indonesia.

Jumlah penduduk miskin di Indonesia terus bertambah, demikian juga di Kota Bengkulu. Kondisi ini mengindikasikan bahwa persoalan kemiskinan belum dapat ditangani dengan baik. Lantas apa penyebabnya? Simak artikel ini Hingga akhir.

BACA JUGA:Paus Fransiskus akan Kunjungi Indonesia, Apa Saja Agendanya? Cek di Sini

Perlu diketahui kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang atau sekelompok orang tidak mampu memenuhi hak- hak dasarnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat.

Tingginya angka kemiskinan di wilayah-wilayah Indonesia tentunya memerlukan perhatian khusus dari pemerintah dan berbagai pihak terkait untuk mencari solusi yang efektif.

Kondisi ini mencerminkan ketidakmerataan pembangunan dan distribusi sumber daya yang masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi Indonesia.

Bengkulu salah satu provinsi di Sumatera yang termasuk dalam kategori daerah termiskin di Indonesia. Pada tahun 2024, persentase penduduk miskin di provinsi ini berada di level 14,04%, menurun dari angka 14,64% pada tahun 2022.

BACA JUGA:Ada 153 Desa, Ini Rincian Dana Desa Kabupaten Humbang Hasundutan 2024

Baik di pedesaan maupun perkotaan, tingkat kemiskinan di Bengkulu hampir sama, dengan total jumlah penduduk miskin sekitar 288.460 jiwa.

Pemerintah daerah dan pusat perlu menggenjot pertumbuhan ekonomi Bengkulu yang berada di sekitar angka 4% untuk terus menekan angka kemiskinan.

Penduduk miskin di Bengkulu juga merupakan yang tertinggi kedua di Pulau Sumatera, dan juga lebih tinggi dibandingkan dengan persentase penduduk miskin secara nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: