Iklan dempo dalam berita

Idul Adha 1445 Hijriah, Kemenag Seluma Catat 1.213 Ekor Hewan Siap Dikurbankan

Idul Adha 1445 Hijriah, Kemenag Seluma Catat 1.213 Ekor Hewan Siap Dikurbankan

Hewan kurban di Kabupaten Seluma tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Kantor kementerian agama Kabupaten Seluma mencatat, tahun Idul Adha 1445 Hijriah ini, ada sebanyak 1.213 ekor hewan kurban yang telah siap dikurbankan.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Seluma, H. Heriansyah, S.Ag. MH yang telah mencatat rincian hewan kurban yang disiapkan menjelang Idul Adha di tahun 1445 Hijriah ini.

Dari total 1.213 ekor hewan kurban tersebut, terdiri dari kambing 561 ekor, 647 ekor sapi dan 5 ekor kerbau. 

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Kuningan 2024, Cek Peringkat Desa dengan Alokasi DD Terbesar dan Terkecil

Jumlah hewan kurban di tahun 2024 ini lebih banyak dibandingkan tahun 2023 lalu, yang berjumlah 1.015 ekor,  terdiri dari 606 ekor sapi, 1 ekor kerbau, dan 407 ekor kambing.

“Alhamdulillah ada peningkatan dibanding tahun lalu, untuk data yang telah kami catat, totalnya ada 1.213 ekor hewan kurban se-Kabupaten Seluma, itu terdiri kambing 630 ekor, 582 ekor sapi dan 5 ekor kerbau,” ungkap H. Heriansyah, S.Ag. MH.

BACA JUGA:Dana Desa di Kabupaten Sukabumi 2024 Kembali Dikucurkan, Segini Rinciannya Per Desa

Sementara itu, diketahui data dari Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, tahun ini Kabupaten Seluma mengalami surplus daging. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial menyebut hal tersebut setelah pihaknya melakukan pendataan terhadap jumlah ketersediaan hewan ternak yang layak untuk dikurbankan di tahun ini, yakni totalnya mencapai 2.549 ekor, terdiri dari sapi 1.567 ekor, kerbau 29 ekor, dan kambing sebanyak 946 ekor, serta domba 7 ekor.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2024, Ada Desa Dapat Dana Lebih dari Rp 2 Miliar

Seluruh hewan kurban yang terdata tersebut, sudah dinyatakan memenuhi syarat untuk dikurbankan sesuai ketentuan agama. Salah satunya seperti kategori umur dan kesehatannya.

"Tahun ini cukup banyak, kemungkinan besar bisa disuplay ke daerah-daerah kabupaten tetangga. Kalau untuk di wilayah Kabupaten Seluma saya kira sudah over," terang Arian Sosial.

Jumlah hewan kurban tersebut tersebar di 14 Kecamatan, yakni dari wilayah Kecamatan Sukaraja hingga Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Namun terbanyak berada di wilayah Kecamatan Sukaraja dan Kecamatan Air Periukan, sedangkan untuk hewan ternak jenis kerbau hanya ada di wilayah kecamatan Sukaraja dan Kecamatan Air Periukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: