Iklan dempo dalam berita

Jangan Sampai Salah! Ini 7 Perbedaan Haji dan Umrah yang Penting Dipahami

Jangan Sampai Salah! Ini 7 Perbedaan Haji dan Umrah yang Penting Dipahami

7 Perbedaan Haji dan Umrah yang Penting Dipahami --

Haji memiliki waktu pelaksanaan yang lebih sempit dari umrah. Waktu pelaksanaan haji terbatas pada rentang waktu mulai dari awal bulan Syawal sampai subuhnya hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah). Sedangkan umrah bebas untuk dilaksanakan kapan saja.

BACA JUGA:Daftar Lengkap Dana Desa Kabupaten Bandung 2024, Ada Satu Desa Dapat Dana Capai Rp 3 M

4. Kewajiban

Kewajiban haji dan umrah merupakan rangkaian ritual manasik yang apabila ditinggalkan tidak dapat membatalkan haji atau umrah, tetapi wajib diganti dengan dam (denda).

Kewajiban haji ada lima, yaitu niat ihram dari miqat (batas area yang telah ditentukan menyesuaikan daerah asal jamaah haji/umrah), menginap di Muzdalifah, menginap di Mina, tawaf wada’ (perpisahan), serta melempar jumrah.

Sedangkan kewajiban umrah ada dua, niat ihram dari miqat dan menjauhi larangan-larangan ihram.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Pesawaran 2024, Ada yang Dapat Alokasi di Atas Rp 1,5 Miliar?

5. Lokasi Pelaksanaan

Perbedaan haji dan umrah selanjutnya ada di lokasi pelaksanaannya. Haji adalah ibadah yang tidak hanya dilaksanakan di Makkah.

Jemaah haji diharuskan untuk melakukan serangkaian ibadah di luar Makkah, yaitu wukuf di Arafah, melempar jumrah di Mina, dan menginap di Muzdalifah.

Adapun rangkaian ibadah umrah sendiri hanya dilaksanakan di Makkah dan Madinah.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Way Kanan 2024, Desamu Kebagian Berapa?

6. Durasi Pelaksanaan

Selanjutnya, perbedaan haji dan umrah terletak pada durasi pelaksanaan. Secara umum, haji dilaksanakan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan umrah.

Sebenarnya proses haji hanya membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 hari. Namun, jemaah haji reguler asal Indonesia umumnya menghabiskan waktu hingga 40 hari untuk melaksanakan serangkaian ibadah, termasuk umrah, ziarah, dan Arbain di Masjid Nabawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: