Iklan dempo dalam berita

Ini Alasan Daging Tidak Boleh Dicuci Sebelum Disimpan, Simak Cara Simpan Daging Kurban yang Tepat

Ini Alasan Daging Tidak Boleh Dicuci Sebelum Disimpan, Simak Cara Simpan Daging Kurban yang Tepat

Ini Alasan Daging Tidak Boleh Dicuci Sebelum Disimpan, Simak Cara Simpan Daging Kurban yang Tepat --Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini alasan daging tidak boleh dicuci sebelum disimpan, simak cara menyimpan-daging-kurban yang tepat.

Banyak orang percaya bahwa mencuci daging mentah adalah cara yang efektif untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang mungkin ada pada permukaan daging. 

Namun, paradoksnya, praktik ini sekarang dianggap sebagai tindakan yang kurang dianjurkan oleh banyak ahli. Mengapa demikian?

BACA JUGA:Cuci Tangan Sebelum Sentuh Daging, Berikut Beberapa Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama

Sebagian besar daging yang dijual di pasar modern telah diolah dan dipersiapkan dengan standar keamanan pangan yang tinggi. Proses ini dirancang untuk mengurangi risiko kontaminasi bakteri seperti Salmonella dan E. coli. 

Menurut riset yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Food and Drug Administration (FDA) AS, patogen bawaan makanan yang umum seperti bakteri Salmonella, Listeria, Campylobacter, E. coli, serta virus norovirus dan hepatitis A dapat hadir pada daging sapi.

Mencuci daging, justru, dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang dan menyebabkan penyebaran bakteri ke permukaan dapur, peralatan, dan tangan.

BACA JUGA:Ini 6 Cara Menyimpan Daging Kurban Idul Adha 1445, Agar Tidak Mudah Busuk

Mengapa Mencuci Daging Dilarang?

Kontaminasi Silang: Mencuci daging mentah dapat menyebabkan kontaminasi silang, yaitu penyebaran kuman dan bakteri dari permukaan daging ke permukaan lain di dapur. Tetesan air yang mengandung bakteri dapat menyebar ke peralatan, talenan, dan tangan yang kemudian dapat mencemari makanan lain yang disiapkan.

Keamanan Pangan yang Diproses: Daging yang dijual di supermarket umumnya telah melalui proses keamanan pangan yang ketat, termasuk pemrosesan dan pemanggangan yang tepat.

Mencuci daging dapat menghilangkan lapisan perlindungan alami yang mungkin dimiliki daging setelah diproses, meningkatkan risiko kontaminasi.

BACA JUGA:Ini Cara Tepat Menyimpan Daging Kurban Tanpa Kulkas, Daging Tetap Awet Tahan Lama

Pengaruh Suhu dan Waktu: Mencuci daging mentah dapat memicu pertumbuhan bakteri jika suhu ruangan memungkinkan. Jika daging dibiarkan di suhu yang tepat untuk pertumbuhan bakteri, risiko infeksi makanan dapat meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: