Iklan dempo dalam berita

Alasan dan Penyebab Biaya Pendidikan di Indonesia Mahal Daripada Luar Negeri, Sudah Tahu Belum?

Alasan dan Penyebab Biaya Pendidikan di Indonesia Mahal Daripada Luar Negeri, Sudah Tahu Belum?

Alasan dan Penyebab Biaya Pendidikan di Indonesia Mahal Daripada Luar Negeri--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Alasan dan penyebab biaya pendidikan di Indonesia mahal daripada luar negeri, sudah tahu belum?

Pasti pernah terfikirkan di benak sahabat camkoha, kenapa ya biaya pendidikan di Indonesia tuh lebih mahal dibandingkan biaya pendidikan di luar negeri?

BACA JUGA:Ini Rincian Dana Desa 2024 di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah untuk 114 Desa

Penyebab utama biaya pendidikan di Indonesia yang mahal dibandingkan dengan luar negeri adalah kombinasi dari berbagai faktor yang saling berinteraksi.

Berikut adalah penjelasan mendalam mengenai alasan dan penyebab utama dari tingginya biaya pendidikan di Indonesia.

Anwar Abbas, dalam program Dialektika TvMu, menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam menyediakan akses pendidikan. Kolaborasi ini dianggap penting untuk mencapai tujuan Indonesia menjadi negara maju.

BACA JUGA:Kece Banget! Ini Harga dan Spesifikasi MacBook Air M3 yang Resmi Dijual di Indonesia

Namun, meskipun kolaborasi ini penting, tantangan utama yang dihadapi adalah mahalnya biaya pendidikan, termasuk pendidikan tinggi.

Biaya pendidikan yang tinggi ini dipengaruhi oleh lemahnya pendapatan masyarakat, sehingga pemerintah harus bekerja lebih keras meskipun alokasi pembiayaan pendidikan dari APBN telah mencapai 20 persen.

Inflasi dan Biaya Pendidikan

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), komponen pendidikan, terutama biaya sekolah swasta, menjadi salah satu penyumbang inflasi pada Juli 2023.

Inflasi tercatat sebesar 0,21% secara bulanan (month-to-month) dan 3,08% secara tahunan (year-on-year).

Pudji Ismartini, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, menyatakan bahwa kelompok pendidikan menyumbang inflasi cukup signifikan pada Juli 2023 karena bertepatan dengan tahun ajaran baru. Inflasi di kelompok ini mencapai 0,66% dengan andil 0,04% pada inflasi nasional.

BACA JUGA:Mantap! Setoran BRI ke Kas Negara Tembus Rp 192,06 Triliun, Ini Rincian Lengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: