Iklan dempo dalam berita

Seleksi PPG Prajabatan 2024 Dibuka, Ini Syarat yang Diperlukan serta Cara Pendaftarannya

Seleksi PPG Prajabatan 2024 Dibuka, Ini Syarat yang Diperlukan serta Cara Pendaftarannya

Syarat dan cara daftar PPG tahun 2024--

Pada semester 1, mahasiswa PPG Prajabatan 2024 akan mengikuti pembelajaran hybrid yang mencakup 12 SKS perkuliahan. 

Pembelajaran ini difokuskan pada aspek praktik pendidikan yang relevan dengan kebutuhan di lapangan, seperti strategi mengajar, evaluasi pembelajaran, dan manajemen kelas.

Selain itu, mahasiswa juga akan menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah dengan total 6 SKS, yang memberikan mereka kesempatan langsung untuk mengimplementasikan teori yang dipelajari dalam situasi dunia nyata.

BACA JUGA:Cek Rincian Dana Desa Kabupaten Tanah Bumbu 2024, Berapa Dana Desa di Daerahmu?

4. Semester 2 dengan hybrid learning sebanyak 8 SKS 

Pada semester 2, fokus pembelajaran mahasiswa akan lebih mendalam ke arah praktik pendidikan dengan 8 SKS perkuliahan yang meliputi strategi inovatif dalam pengajaran, teknologi pendidikan, dan evaluasi kurikulum. 

Di samping itu, mahasiswa juga akan terlibat dalam proyek kepemimpinan di lingkungan masyarakat sebanyak 2 SKS, yang mengharuskan mereka untuk berkontribusi dalam proyek pendidikan atau inisiatif sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

PPL di sekolah pada semester ini juga bertambah menjadi 8 SKS, yang memperdalam pengalaman lapangan mereka dalam mengajar dan berinteraksi dengan siswa secara langsung.

5. Kelulusan program

Kelulusan program merupakan pencapaian akhir yang ditargetkan oleh setiap mahasiswa PPG Prajabatan 2024 setelah berhasil menyelesaikan semua persyaratan akademik dan praktik yang telah ditetapkan oleh LPTK. 

Proses kelulusan ini menandai akhir dari perjalanan pendidikan profesi guru dan mengukuhkan mahasiswa sebagai calon guru yang siap memasuki dunia pendidikan formal.

6. Uji kompetensi PPG

Uji kompetensi PPG merupakan tahap terakhir dalam program PPG Prajabatan 2024 yang dilakukan untuk menilai kemampuan profesional mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran di kelas.

BACA JUGA:11 Manfaat Ramuan Herbal Kepala Belut untuk Kaum Pria

Uji kompetensi ini melibatkan situasi simulasi pengajaran dan evaluasi kinerja praktik mahasiswa secara komprehensif. Mahasiswa yang berhasil melewati uji kompetensi PPG akan mendapatkan sertifikasi sebagai guru profesional yang memenuhi standar pendidikan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: