Iklan dempo dalam berita

Sangat Berbahaya! Apa Itu Serangan Ransomware yang Menyerang Pusat Data Kominfo?

Sangat Berbahaya! Apa Itu Serangan Ransomware yang Menyerang Pusat Data Kominfo?

Apa Itu Serangan Ransomware --

Setelah serangan terjadi, langkah-langkah mitigasi juga harus segera dilakukan. Identifikasi segera titik masuk serangan dan tutup celah tersebut untuk mencegah serangan lanjutan. 

BACA JUGA:Cari Tahu Arti Tahi Lalat di Seluruh Bagian Anggota Tubuh di Sini! Punyamu Adanya di Mana?

Segera lakukan pemulihan data dari backup yang aman, dan jika perlu, libatkan ahli forensik siber untuk menyelidiki dan memastikan bahwa tidak ada ancaman yang tersisa dalam sistem.

Insiden serangan ransomware terhadap PDN Kominfo adalah pengingat yang keras akan pentingnya keamanan siber yang kuat dalam era digital. 

BACA JUGA:Calon Debitur Harus Tahu, Ini Syarat Lolos Subsidi Checking untuk Pengajuan KPR

Kejadian ini tidak hanya menunjukkan kerentanan sistem, tetapi juga menekankan pentingnya tindakan proaktif dalam melindungi data dan layanan publik. 

Kolaborasi antara pemerintah, pengelola data, dan ahli keamanan siber sangat diperlukan untuk membangun pertahanan yang kokoh dan respons yang cepat terhadap ancaman siber. 

BACA JUGA:Inilah 6 Syarat Akad Kredit Rumah Subsidi dari Pemerintah, Usia 21 Tahun Bisa Ajukan

Semoga dengan pembelajaran dari kejadian ini, langkah-langkah pencegahan yang lebih baik dapat diterapkan untuk melindungi masyarakat dan kepentingan negara dari ancaman serupa di masa depan.

(Sheila Silvina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: