Iklan dempo dalam berita

Update Proyek Tol Trans Sumatera Lampung-Aceh Tahun 2024, Kapan Selesainya?

Update Proyek Tol Trans Sumatera Lampung-Aceh Tahun 2024, Kapan Selesainya?

Update pembangunan jalan tol Trans Sumatera--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Update proyek Tol Trans Sumatera Lampung-Aceh tahun 2024, kapan selesainya?

Pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) adalah jaringan jalan tol sepanjang 2.818 km di Indonesia yang direncanakan menghubungkan kota-kota di Pulau Sumatera, dari Lampung hingga Aceh. 

Jalan Tol Trans Sumatera ini menjadi jalur utama yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera dan merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Merak.

BACA JUGA:Tak hanya Lezat, Ternyata Bayam juga Bermanfaat untuk Asam Urat

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian proyek jalan tol di Indonesia, baik yang sedang dalam tahap pembangunan hingga yang telah selesai dan siap diresmikan. 

Beroperasinya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang nantinya akan tersambung dari Lampung hingga Banda Aceh sangat berperan penting dalam mendukung aksesibilitas masyarakat di Pulau Sumatera, mengurangi waktu tempuh antar wilayah, dan memperlancar pendistribusian logistik serta menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

Pada awal Februari 2024 lalu, dua ruas baru Jalan Tol Trans Sumatera yakni Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 20,4 km dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran Seksi Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,6 km telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:Kapan Proyek Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Selesai? Ini Kabar Terbarunya

Hingga saat ini, berdasarkan data bulan Februari 2024, Jalan Tol Trans Sumatera telah beroperasi sepanjang 884,5 km yang terdiri dari 15 ruas sebagai berikut:

1. Bakauheni - Terbanggi Besar 141 km

2. Terbanggi Besar - Kayu Agung 189 km

3. Kayu Agung - Palembang - Betung 42,5 km

4. Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 km

5. Medan - Binjai 17 km

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: