Iklan dempo dalam berita

Berbahaya untuk Si Kecil! Ini 5 Dampak Main HP Saat Menyusui yang Harus Diwaspadai Para Ibu

Berbahaya untuk Si Kecil! Ini 5 Dampak Main HP Saat Menyusui yang Harus Diwaspadai Para Ibu

Ini 5 Dampak Main HP Saat Menyusui yang Harus Diwaspadai Para Ibu--

BACA JUGA:Update Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, Benarkah akan Dibangun Terowongan Canggih Seperti di Sumbar?

2. Hormon Stres Bayi Meningkat

Saat perhatian ibu teralihkan pada HP saat menyusui, bayi dapat merasakan perubahan perhatian ini dan mulai mengoceh atau bahkan menarik wajah ibu ke arahnya.

Meskipun kelihatan lucu, hal ini dapat membuat bayi lebih sensitif. Penelitian yang dikenal sebagai ‘eksperimen wajah diam’ menunjukkan bahwa anak-anak memperhatikan ketika orang tua mereka menunjukkan ekspresi kosong.

Studi tersebut menemukan bahwa bayi cenderung "mengamuk" untuk mendapatkan perhatian orang tuanya, yang menyebabkan peningkatan hormon stres mereka. Jika hal ini terus berulang, bayi bisa mulai panik dan menangis.

BACA JUGA:Dana Desa Kabupaten Malaka 2024, Cek Rincian Detail Per Desannya

3. Ibu Tidak Menangkap Isyarat dari Bayi

'Brexting' atau breastfeeding & texting (menyusui sambil berkirim pesan lewat HP) bisa membuat ibu melewatkan isyarat kecil dari bayi karena fokusnya terserap pada layar HP.

Misalnya, jika bayi kesulitan menghisap ASI, merasa tidak nyaman dengan posisinya, atau ingin bersendawa di tengah proses menyusu, ibu harus segera meresponnya.

Isyarat-isyarat kecil ini mungkin luput dari perhatian jika ibu sibuk berkirim pesan atau menonton sesuatu di HP.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah 2024 di 108 Desa, Mana Desa dengan Total Dana Terbesar?

4. Bayi Berisiko Terpapar Radiasi HP

Salah satu bahaya HP dekat dengan bayi adalah radiasi. HP memancarkan radiasi yang dapat diserap oleh bayi.

Meskipun radiasi HP biasanya tidak konstan, tetap ada potensi bahaya seperti merusak struktur DNA bayi, sel otak, serta dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), radiasi HP mengandung karsinogen kelas 2B. Ada banyak hal yang belum diketahui tentang keamanan HP dan apakah aman untuk meletakkannya dekat dengan bayi.

Beberapa ahli menyarankan untuk menjauhkan HP dari bayi saat menggunakannya. Selain itu, layar HP dapat mengganggu produksi melatonin (hormon tidur), jadi penting untuk menjauhkan HP dari bayi tidak hanya selama menyusui tetapi hampir sepanjang waktu.

BACA JUGA:Begini Cara Cek NIK KTP Biar Tahu Kita Dukung Siapa di Pilkada 2024 Jalur Perseorangan

5. Ibu Tidak Peka Melihat Pola Menyusu Bayi  

Bayi memiliki pola tertentu saat menyusu dan penting bagi ibu untuk memantau polanya. Misalnya, berapa lama bayi biasanya menyusu, kapan dia bersendawa, pada menit ke berapa dia akan tertidur, dan sebagainya. Memantau pola ini memastikan bayi mendapatkan jumlah ASI terbaik yang bisa diberikan.

Oleh karena itu, sesuntuk apapun dan semembosankan apapun menyusui bagi kita (di saat itu), sebaiknya hindari atau kurangi menggunakan HP saat menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: