Iklan dempo dalam berita

Rincian Dana Desa di Kota Ambon, Maluku 2024, Simak Mana Desa dengan Alokasi Dana Terbesar?

Rincian Dana Desa di Kota Ambon, Maluku 2024, Simak Mana Desa dengan Alokasi Dana Terbesar?

Rincian dana desa untuk Kota Ambon--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMRincian dana desa di Kota Ambon, Maluku 2024, simak mana desa dengan alokasi dana terbesar?

Dana desa merupakan salah satu pendapatan desa terbesar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan disalurkan ke rekening kas desa melalui rekening kas daerah. 

BACA JUGA:Cair! 62 Desa di Kabupaten Majene Terima Anggaran DD 2024, Segini Rincian untuk Setiap Desanya

Dana desa ini digunakan untuk berbagai keperluan penting yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. 

Penggunaan dana desa meliputi pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Tujuan utama dari alokasi dana desa adalah untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa. 

Beberapa tujuan spesifik dari penggunaan dana desa meliputi peningkatan kualitas hidup masyarakat, peningkatan kesejahteraan, penanggulangan kemiskinan, peningkatan pelayanan publik, serta peningkatan ekonomi desa. 

Dana desa telah digunakan untuk berbagai kegiatan yang langsung berdampak positif pada masyarakat desa, seperti pembangunan dan pemeliharaan jalan desa, pembangunan dan pemeliharaan jalan usaha tani, pembangunan dan pemeliharaan embung desa, serta pembangunan energi baru dan terbarukan.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa di Kabupaten Pasangkayu Tahun 2024, Desa Mana dengan Anggaran Terbesar?

Selain itu, dana desa juga digunakan untuk pembangunan dan pemeliharaan sanitasi lingkungan, pembangunan dan pengelolaan air bersih berskala desa, pembangunan jembatan, pembangunan pasar desa, dan kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). 

Fasilitas-fasilitas ini sangat penting untuk mendukung aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat desa. 

Bahkan, dana desa juga digunakan untuk pembangunan dermaga perahu, kolam, dan irigasi yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat desa.

Kota Ambon adalah ibu kota Provinsi Maluku, Indonesia. Kota ini terletak di bagian selatan Pulau Ambon dan dikelilingi oleh banyak pulau besar dan kecil. 

Kota Ambon memiliki luas daratan 359,45 km² dan luas lautan 17,55 km² dengan panjang garis pantai 98 km. Wilayah administratif Kota Ambon sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 1979 memiliki luas total 377 km² atau sekitar 2/5 dari luas Pulau Ambon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: