Iklan dempo dalam berita

Rincian Dana Desa di Kota Tual Tahun 2024! Simak Top 10 Desa dengan Penerima Alokasi Dana Terbesar

Rincian Dana Desa di Kota Tual Tahun 2024! Simak Top 10 Desa dengan Penerima Alokasi Dana Terbesar

Rincian dana desa di Kota Tual tahun 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Rincian dana desa di Kota Tual tahun 2024! Simak top 10 desa dengan penerima alokasi dana terbesar.

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukkan bagi desa. 

Dana Desa ini ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten/kota. 

Tujuan utama dari Dana Desa adalah untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Dengan adanya Dana Desa, diharapkan kesejahteraan masyarakat desa dapat meningkat secara signifikan.

Penggunaan Dana Desa sangat beragam dan difokuskan pada berbagai proyek yang dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat desa. 

BACA JUGA:Rincian Dana Desa di Kota Ambon, Maluku 2024, Simak Mana Desa dengan Alokasi Dana Terbesar?

Misalnya, Dana Desa digunakan untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, saluran irigasi, sarana air bersih, dan energi. 

Infrastruktur ini sangat penting untuk mendukung aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat desa.

Selain itu, Dana Desa juga dapat digunakan untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan usaha tani, embung desa, energi baru dan terbarukan, sanitasi lingkungan, serta pengelolaan air bersih berskala desa. 

Pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa diutamakan dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya atau bahan baku lokal. 

Hal ini diharapkan dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja dari masyarakat desa setempat, sehingga memberikan dampak ekonomi yang lebih luas.

Kota Tual, sebagai ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara di Provinsi Maluku, adalah salah satu daerah yang menerima alokasi Dana Desa. 

BACA JUGA:Dana Desa di Kabupaten Tangerang Tahun 2024 untuk 246 Desa, Ini Rincian Lengkap per Desa

Kota Tual merupakan salah satu dari sembilan kabupaten/kota di Provinsi Maluku yang baru dimekarkan berdasarkan UU No. 31 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kota. Sebelum UU tersebut disahkan, Kota Tual adalah bagian dari Kabupaten Maluku Tenggara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: