Iklan dempo dalam berita

Ada 295 Mata Pilih dari 69 KK, Warga Desa Serian Bandung Nyoblos di Seluma atau Bengkulu Selatan?

Ada 295 Mata Pilih dari 69 KK, Warga Desa Serian Bandung Nyoblos di Seluma atau Bengkulu Selatan?

Warga Desa Serian Bandung Nyoblos di Seluma atau Bengkulu Selatan?--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Setiap menjelang Pilkada, isu tapal batas antara Kabupaten Seluma dengan Kabupaten Bengkulu Selatan selalu hangat dibicarakan oleh kalangan elit politik dalam memperebutkan suara.

BACA JUGA:Sudah Berlaku! Kini Bikin SIM Wajib Punya BPJS Kesehatan, Simak Persyaratannya

Bahkan sejak adanya perubahan status wilayah administrasi sejak judicial review atau uji materi terhadap Permendagri Nomor 9 Tahun 2020 Tentang batas daerah antara Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Selatan, bakal berimbas terhadap hak pilih masyarakat Desa Serian Bandung Kecamatan Semidang Alas Maras, sejak uji materi tersebut ditolak ke Mahkamah Agung pada tahun 2021 lalu.

BACA JUGA:Seorang Oknum Digerebek Lagi Bersama Istri Orang, Sempat Berusaha Kabur dan Tabrak Kadun

Kondisi tersebut diklaim Pemkab Seluma tidak akan mempengaruhi hak memilih masyarakat di Desa Serian Bandung Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma yang akan mengikuti Pilkada Seluma tahun 2024, meskipun rumah mereka telah masuk ke wilayah Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Diancam Pakai Pisau, Kehormatan Remaja Putri Berusia 12 Tahun Dinodai Sang Tetangga, Pelaku Kabur ke Cianjur

Hal ini ditegaskan Sekretaris Pemkab Seluma Hadianto yang menyatakan rumah warga Seluma yang berada di wilayah Kecamatan Pino Raya tetap dapat menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Seluma 2024.

"Kalau berdasar DPT sebelumnya kan mereka tetap warga Seluma karena KTP mereka Seluma walaupun rumah mereka berada di wilayah Bengkulu Selatan," ujar Hadianto.


Sekda Seluma Hadianto--

BACA JUGA:Tampil Gemilang, Crosser Binaan Astra Honda Raih Poin Perdana di MXGP Lombok

Sementara itu berdasarkan keterangan Kades Serian Bandung Yono Heri Apidi, jumlah KK yang ada di Dusun III Desa Serian Bandung saat ini ada sebanyak 295 mata pilih dari 69 KK.

"Setahu saya ada 295 mata pilih dari 69 KK yang rumahnya sekarang berada di wilayah Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan," terang Yono Heri Apidi.

BACA JUGA:CPNS 2024 Dibuka Juli, Ada 148.013 Formasi CPNS Pemerintah Daerah 2024, Ini Daftar Instansi dan Syaratnya

Kendati demikian, pihaknya tetap menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat dan tidak memaksa hendak mengikuti Pilkada Seluma atau Pilkada Bengkulu Selatan, meskipun berdasarkan sejarah Kawedanan wilayah Desa Serian Bandung mencakup hingga wilayah sebelum SMKN 2 Bengkulu Selatan yang berada di Desa Selali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: