Iklan dempo dalam berita

Daftar 3 Jalan Tol Terpanjang di Sumatera, Tembus 189 KM

Daftar 3 Jalan Tol Terpanjang di Sumatera, Tembus 189 KM

Tol Terpanjang di Sumatera--

Tol ini berperan penting dalam menggerakkan perekonomian Riau setelah diresmikan pada September 2020.

Meskipun pembangunannya memakan waktu hampir empat tahun sejak dimulai pada akhir 2016, tol ini memberikan kontribusi signifikan dalam memperlancar mobilitas dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Salah satu keunikan Tol Pekanbaru-Dumai adalah adanya 6 perlintasan khusus untuk Gajah Sumatera, memberikan kebebasan pada hewan-hewan ini untuk berkeliaran di habitatnya yang dilindungi.

Fasilitas lainnya termasuk tujuh gerbang tol yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten di sepanjang jalur tol, serta lima rest area yang menyediakan berbagai layanan dan produk lokal untuk pengguna jalan.

BACA JUGA:Silaturahmi, Gubernur Bersama Kapolda hingga Ketua Dewan Nongkrong di Kopi Jaksa

Secara keseluruhan, ketiga tol ini tidak hanya membangun infrastruktur yang memadai untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial di Sumatera, tetapi juga memberikan manfaat signifikan dalam mengurangi waktu perjalanan dan meningkatkan konektivitas antar-kota serta provinsi.

Dengan fasilitas modern dan pengelolaan yang baik, tol-tol ini menjadi tonggak penting dalam pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia bagian barat.

Perlu diketahui sampai awal 2024 ini, sudah ada beberapa ruas tol Trans Sumatera yang beroperasi. Total ada 15 ruas tol yang telah dibuka berdasar informasi dari unggahan akun Instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Masih ada lagi ruas Tol Trans-Sumatera yang sedang dalam tahap pembangunan dan akan tersambung dengan jalan tol lainnya yang menghubungkan antar wilayah di Pulau Sumatera dari Lampung hingga Aceh," tulis akun BPJT.

BACA JUGA:Kapan Pelantikan Anggota DPRD Seluma Terpilih? Berikut Perkiraan Waktunya

Pada tahun 2024, PT Hutama Karya (Persero) menargetkan pembangunan seluruh JTTS tahap I tuntas sepanjang 972 km.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan target penyelesaian lima ruas JTTS Tahap I.

"Sejalan dengan target yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kita targetkan 5 ruas JTTS Tahap I sepanjang 196 km dapat selesai pada Semester I (2024), dan terbitnya 9 Sertifikat Laik Operasi (SLO)," ujarnya dikutip dari laman Hutama Karya.

"Progres dari masing-masing ruas secara umum sudah sangat signifikan, kita harapkan JTTS dapat berdampak terhadap perekonomian nasional," pungkas Tjahjo.

BACA JUGA:Kata dr Zaidul Akbar, Minum Cuka Apel Sebelum Makan Bisa Cegah Lonjakan Gula, Begini Resepnya

Berikut 15 ruas tol trans Sumatera sepanjang 884,5 Km yang telah beroperasi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: