Iklan dempo dalam berita

Target Pembangunan Tol Sumatera Tahun Ini 800 Km, Berikut Progres yang Diselesaikan

Target Pembangunan Tol Sumatera Tahun Ini 800 Km, Berikut Progres yang Diselesaikan

Progres pembangunan jalan tol trans sumatera--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMTarget pembangunan Tol Sumatera tahun Ini 800 Km, berikut progres yang diselesaikan. 

Dirut Hutama Karya, Budi Harto menyebut Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah dibangun sepanjang 800 km. Hal ini diungkapkannya dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR dengan Kementerian Keuangan membahas Penyertaan Modal Negara.

Budi mengatakan dari keseluruhan penugasan pembangunan JTTS sepanjang 2.854 km, hingga saat ini telah terbangun jalan sepanjang 800 km.

"Sampai 25 Juni 2024, HK telah membangun 800 km jalan serta direncanakan tahap I dan sebagian tahap II selesai 2024 ini," kata Budi Harto.

BACA JUGA: Cukup Lewat HP, Ini Cara Daftar dan Buat Akun BRImo Tanpa ke Bank, Simak Syaratnya

Dari jumlah penugasan tersebut, lanjut Budi, pengerjaan pembangunannya dibagi ke dalam 4 tahapan. Tahap 1 sampai dengan saat ini terdapat 9 ruas telah beroperasi secara penuh dan sisanya akan operasi juga konstruksi.

Tahap 2 merupakan backbone yang menghubungkan Palembang dengan Pekanbaru. Lalu tahap 3 merupakan backbone berkelanjutan yang akan menghubungkan Pekanbaru sampai Aceh, dan tahap 4 merupakan ruas border. 

Sampai 25 juni 2024 HK telah membangun 800 km serta direncanakan sebagian tahap 2 selesai 2024 ini.

BACA JUGA:Efektif! Ini Cara Mengendalikan Hama Tanaman Kopi agar Tidak Rugi

Lebih lanjut Budi juga merinci ruas-ruas tol yang telah beroperasi. Hal ini antara lain ruas Medan-Binjai yang sudah diambil Indonesia Investment Authority (INA), lalu Pekanbaru-Dumai, Palembang-Indralaya, Terbanggi Besar-Kayu Agung, Bakauheni-Terbanggi Besar, Taba Penanjung-Bengkulu, dan Simpang Indralaya-Muara Enim.

Sementara yang telah beroperasi sebagian dan masih konstruksi antara lain Sigli-Banda Aceh, Binjai Langsa Seksi Binjai-Pangkalan Brandan, Kisaran-Indrapura, Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Siantar, Padang Sicincin, dan Pekanbaru-Koto Kampar.

"Sedangkan ruas JTTS tahap 2 sudah mulai dikonstruksi dan ruas Tol Junction Bypass Pekanbaru," imbuhnya.

Selaras dengan penyelesaian pelaksanaan pembangunan JTTS, Budi mengatakan, HK telah menerima Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 131,14 triliun dalam periode 2015-2024. 

BACA JUGA:Gazebo DLH Seluma jadi Lokasi Pesta Tuak, 4 Pemuda Asal Desa Purbosari Dijaring Satpol PP Seluma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: