Iklan RBTV Dalam Berita

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Islam serta Amalan-amalan yang Dianjurkan

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Islam serta Amalan-amalan yang Dianjurkan

Doa tahun baru Islam dan amalan bulan Muharram --

Terjemahan doa akhir tahun:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan selama tahun ini berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala. Saya mohon kepada-Mu wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad sekeluarga dan para sahabatnya."

BACA JUGA:Puasa Tasua 1446 H/2024 Tanggal Berapa? Ini Jadwal Lengkap Beserta Bacaan Niat dan Tata Caranya

Tata Cara dan Waktu Membaca Doa Akhir Tahun Hijriah

Masih dari buku yang sama, doa akhir tahun ini dibaca pada hari terakhir bulan Dzulhijjah, tahun ini bertepatan dengan 6 Juli 2024. Doa ini dapat dibaca mulai waktu Asar hingga menjelang Maghrib.

Doa ini dibaca sebanyak tiga kali berturut-turut. Adapun fadilah dari membaca doa ini adalah mendapatkan perlindungan Allah SWT dari segala fitnah dan tipu daya setan, serta mendapatkan ampunan segala dosa sepanjang tahun sebelumnya.

Hukum Membaca Doa Akhir Tahun

Pada dasarnya, tidak ada anjuran membaca doa akhir tahun yang merujuk pada hadits dan Al-Quran. Lantas, bagaimana hukum membaca doa akhir tahun menjelang Tahun Baru Hijriah? Apakah dibolehkan, atau dilarang?

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa di Kabupaten Sumenep Tahun 2024, Ini 10 Desa dengan Dana Tertinggi

Hukum membaca doa akhir tahun menjelang Tahun Baru Hijriah ini telah dijelaskan oleh Buya Yahya yang disiarkan melalui akun Youtube Al-Bahja TV. Buya Yahya menjelaskan bahwa membaca doa awal dan akhir tahun adalah boleh. 

"Masalah doa awal tahun dan akhir tahun, boleh anda membacanya," ujar Buya Yahya dalam tausiahnya. Sebelumnya, Buya Yahya menjelaskan kebolehan membaca doa yang tidak dilafadzkan atau dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Ia mengatakan terkait doa yang ada hanyalah perintah. "Doa itu bebas. Segala kebaikan boleh anda minta, 'Saya ingin ya Allah bisa puasa terus senin kamis', nggak ada bimbingan khusus dari Nabi kalimat doa semacam itu. Tapi tidak dilarang. Nggak ada larangan. Yang ada perintah berdoa," jelas Buya Yahya.

Selain itu, Buya Yahya juga menjelaskan tidak ada keterikatan waktu untuk berdoa. Terkait doa awal tahun dan akhir tahun, boleh dilakukan di pagi hari maupun sore hari. "Nggak ada tuntutan di waktu tertentu. Boleh doa kapan saja," ujarnya.

BACA JUGA:Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram Sesuai yang Diajarkan Rasullulah, Ini Waktu Tepat Mengamalkannya

Ia menyebutkan, dalam doa awal dan akhir tahun mengandung sejumlah makna. Seperti makna untuk introspeksi ini, evaluasi, hingga berharap kepada Allah.

Dari makna doa tersebut tidak ada yang salah. "Berdoa adalah boleh dengan bahasa apa pun, lafadz apa pun, permohonan apa pun. Nabi mengajarkan, hadits shahih," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: