Iklan RBTV Dalam Berita

Berapa Kali Baca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun? Ini Ketentuannya

Berapa Kali Baca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun? Ini Ketentuannya

Ketentuan Bacaan Doa Awal dan Akhir Tahun--

Mengisi Pergantian Tahun dengan Amalan Baik

Untuk menyambut Tahun Baru Islam, kaum Muslim dianjurkan untuk mengisi waktu dengan berbagai amalan baik, termasuk membaca doa akhir dan awal Tahun Baru Islam sebanyak tiga kali. Berikut adalah uraian lengkapnya.

Keutamaan Membaca Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

Meski tidak ada dalil yang menjelaskan keutamaan khusus membaca doa akhir dan awal Tahun Baru Islam, terdapat banyak keutamaan umum dalam berdoa bagi kaum Muslim. Seperti yang diungkapkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 186:

"Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa di Kabupaten Lahat Tahun 2024, Pastikan Tidak Ada Penyelewengan

Selain itu, membaca doa juga merupakan bentuk ibadah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Sesungguhnya doa itu adalah ibadah" (HR. Imam, dishahihkan oleh Tirmidzi).

Bacaan Doa Akhir Tahun Baru Islam

Membaca doa akhir tahun bisa dilakukan sebanyak tiga kali setelah sholat Ashar pada hari terakhir bulan Dzulhijjah. Berikut adalah bacaan doa akhir tahun yang dapat diamalkan:


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِي عَنْهُ فَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ. فَإِنِّى أَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِي وَمَا عَمِلْتُ فِيهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِي عَلَيَّ الثَّوَابَ فَأَسْتَسْأَلُكَ. اللَّهُمَّ يَا كَرِيمُ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِي مِنْكَ يَا كَرِيمُ. وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah kukerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untukku, dan Engkau telah mengajakku untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, aku mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepadaku dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah kukerjakan selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, aku mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, Nabi yang Ummi, dan kepada keluarga dan sahabatnya."

BACA JUGA:TKI Asal Bengkulu Utara Meninggal Dunia di Malaysia, Keluarga Butuh Bantuan Pemulangan Jenazah

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: