Iklan RBTV Dalam Berita

Progres Jalan Tol Langsa–Lhokseumawe Masuk ke Tahap III Pembangunan Tol Trans Sumatera 2024

Progres Jalan Tol Langsa–Lhokseumawe Masuk ke Tahap III Pembangunan Tol Trans Sumatera 2024

Progres pembangunan jalan tol Langsa-Lhokseumawe--

Tahap I pengoperasiannya direncanakan paling lambat pada Desember 2024. Presiden Joko Widodo menugaskan PT Hutama Karya untuk mengelola pembangunan 24 ruas Jalan Tol Trans Sumatera.

Perubahan beberapa ketentuan dalam Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 dilakukan untuk mengakomodasi perkembangan dan kebutuhan yang ada. 

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera, yang ditandatangani pada Senin, 25 Maret 2024.

BACA JUGA:Sudah Cek? Segini Tarif Jalan Tol Trans Sumatera 2024, Simak Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Dampak Positif bagi Aceh

Gubernur Bustami meyakini bahwa keberlanjutan pembangunan jalan tol di Aceh akan memacu perkembangan kawasan dari berbagai sektor, termasuk ekonomi, perdagangan, industri, dan wisata. Keberadaan jalan tol akan memberikan nilai tambah bagi pengguna jalan tol dalam memilih moda transportasi yang akan digunakan. 

"Dengan adanya pengusahaan tahap III ruas jalan tol Lhokseumawe-Sigli dan Langsa-Lhokseumawe yang merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), memberikan harapan bagi Aceh dalam meningkatkan stimulus bagi pertumbuhan ekonomi," pungkas Bustami.

BACA JUGA:Kepala Desa Bakal Terima Uang Pensiunan? Begini Aturannya di Undang-undang Desa Terbaru

Saat ini, pembangunan Jalan Tol Sibanceh menyisakan satu seksi, yaitu Padang Tiji-Seulimum, yang proses pembangunannya masih terus dipacu dan ditargetkan beroperasi sebelum pelaksanaan PON XXI/2024 berlangsung. 

Keberlanjutan pembangunan tol ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah, mempermudah distribusi barang dan jasa, serta meningkatkan pemerataan hasil pembangunan.

Penetapan ruas Jalan Tol Langsa-Lhokseumawe dalam pembangunan tahap III merupakan kabar baik bagi masyarakat Aceh. 

Dengan adanya jalan tol, diharapkan daerah ini akan semakin maju, perjalanan menjadi lebih cepat, dan distribusi barang serta jasa menjadi lebih lancar guna menunjang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Lengkap! Ini Daftar Tarif Jalan Tol Trans Jawa 2024 di 21 Ruas

Pembangunan infrastruktur jalan tol tidak hanya berdampak pada peningkatan konektivitas, tetapi juga memberikan stimulus bagi berbagai sektor lainnya.

Misalnya, sektor pariwisata di Aceh yang kaya akan destinasi wisata alam dan budaya akan semakin mudah diakses oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada perekonomian lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: