Iklan dempo dalam berita

7 Tambang Emas Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!

7 Tambang Emas Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!

Tambang Emas Terbesar di Dunia--

BACA JUGA:Ini Besaran Bunga, Cicilan dan Denda Jika Telat Bayar Tagihan BRI Ceria 2024, Pinjol Resmi BRI

2. Muruntau di Uzbekistan

Kemudian, letak tambang emas terbesar selanjutnya yakni berada dua Uzbekistan.
Lebih tepatnya lagi berada di kompleks pertambangan Muruntau yang terletak di Uzbekistan merupakan 'gudang' emas terbesar kedua di dunia.

Bahkan, tambang ini diperkirakan mampu menghasilkan hampir 3 juta ons setiap tahunnya.
Maka dari itu, tidak heran jika produksi emas di Muruntau mewakili lebih dari 80% produksi emas Uzbekistan secara keseluruhan.

Jadi, tambang ini dioperasikan oleh perusahaan milik negara Navoi, kemudian tambang ini memiliki panjang lebih dari 3,3 km, lebar 2,5 km, dan kedalaman hampir 600 m dan menjadikannya salah satu operasi tambang terbuka terdalam di dunia.

BACA JUGA:Siapkan Smartphone dan KTP, Begini Cara Mudah Cairkan Pinjaman Online Rp 50 Juta di BNI Fleksi

3. Grasberg di Indonesia

Tak mau kalah dari negara lainnya, Indonesia juga memiliki lokasi tambang emas yang terbesar di dunia yakni Grasberg yang berada di Papua.

Grasberg bukan hanya tambang emas terbesar ketiga, namun juga salah satu tambang tembaga terbesar di dunia.

Pasalnya, deposit tembaga-emas Grasberg milik Freeport-McMoRan di provinsi Papua in ditemukan pada tahun 1936 oleh seorang ahli geologi Belanda yang menyebutnya Ertsberg atau "gunung bijih".

Jadi, tambang ini menyediakan lapangan kerja bagi 30.000 orang dan terletak 4.100 m di atas permukaan laut dekat Puncak Jaya, gunung tertinggi di Papua.

Produksi emas tambang ini mencapai puncaknya pada tahun 2001 di mana pada saat itu Freeport dapat menghasilkan 3,5 juta ons per tahun. Namun pada 2021, tambang tersebut hanya bisa menghasilkan 1,37 juta ons emas per tahun

BACA JUGA:Pinjaman Online Resmi Bank Mandiri, Bisa Cairkan Pinjaman Tunai Sampai Rp 100 Juta Tanpa Ribet

4. Olimpiada di Rusia

Tambang emas yang satu ini terletak di salah satu provinsi pertambangan emas paling produktif di Rusia, Polyus. Tambang ini mulai berproduksi pada tahun 1996 dan telah menyumbang lebih dari setengah total produksi emas di Polyus.

Sementara itu, Polyus sendiri merupakan kawasan yang baru saja dinobatkan sebagai 'gudang' emas terbesar di dunia dalam hal cadangan emas secara global. Kawasan ini diperkirakan memiliki cadangan emas lebih dari 104 juta ons.

5. Pueblo Viejo di Dominika

Tambang Pueblo Viejo di Republik Dominika terletak sekitar 100 km barat laut ibu kota Santo Domingo. Tambang ini dioperasikan oleh Pueblo Viejo Dominicana Corporation, sebuah perusahaan patungan antara Barrick (60%) dan Newmont (40%).

BACA JUGA:Pinjaman Online Bank BRI 2024, Cairkan Uang Tunai Rp 25 Juta dari Rumah Tanpa Jaminan

6. Kibali di Kongo

Tambang emas Kibali di Republik Demokratik Kongo terletak berdekatan dengan kota Doko dan 210 km dari Arua di perbatasan Uganda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: