Iklan dempo dalam berita

Investor Harus Tahu, Begini Cara Cek Keaslian Emas Antam! Jangan Sampai Tertipu

Investor Harus Tahu, Begini Cara Cek Keaslian Emas Antam! Jangan Sampai Tertipu

Cara Cek Keaslian Emas Antam--

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa di Kabupaten Merangin Tahun 2024, Ini Desa dengan Dana Terbesar

5. Menggunakan Aplikasi CertiEye

Keaslian sertifikat emas Antam juga bisa dicek dengan aplikasi CertiEye. Setelah mengunduhnya dari Play Store atau App Store, ikuti langkah-langkah berikut:

- Membuka aplikasi CertiEye.

- Scan QR code pada sertifikat emas Antam.

- Tunggu hingga proses pemindaian selesai.

Produk emas Antam terbukti asli apabila muncul logo ANTAM LM yang disertai dengan tulisan AUTHENTICATED pada layar perangkat.

Sementara itu, membedakan emas asli dan palsu memang membutuhkan ketelitian tersendiri dengan menimbang karakteristik logam mulia bernilai tinggi dan tahan inflasi tersebut.

BACA JUGA:Ini Makna Selebrasi '304' Lamine Yamal Saat Rayakan Gol, Ternyata Punya Arti Khusus

Lantas, apa saja ciri-ciri emas palsu yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam pemeriksaan keaslian emas? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Emas Palsu

1. Bersifat Magnetis

Meskipun termasuk dalam golongan logam mulia, emas bersifat nonmagnetis. Maka dari itu, cara melihat emas asli dan palsu adalah dengan mendekatkannya ke magnet.

Ketika didekatkan ke magnet, emas palsu akan bereaksi karena mengandung campuran logam magnetis lain, seperti aluminium, besi, dan tembaga.

Biasanya, perhiasan emas yang telah tercampur logam mulia lain bereaksi jika didekatkan dengan magnet. Pasalnya, kadar emas yang bagus untuk perhiasan adalah sekitar 75% atau setara dengan 18 karat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: