Iklan dempo dalam berita

Investor Harus Tahu, Begini Cara Cek Keaslian Emas Antam! Jangan Sampai Tertipu

Investor Harus Tahu, Begini Cara Cek Keaslian Emas Antam! Jangan Sampai Tertipu

Cara Cek Keaslian Emas Antam--

Logam lain dengan persentase 25% ditujukan untuk meningkatkan ketahanan emas. Sejatinya, emas asli bersifat lunak dan mudah berubah bentuk apabila terbentur.

BACA JUGA:Promo Terbaik Yariz Cross Hybrid 2024, Lengkap dengan Simulasi Kreditnya

2. Kurang Padat

Emas asli memiliki kepadatan sebesar 19,3 gram per cm3. Tingkat kepadatan emas ini lebih tinggi daripada logam mulia lainnya.

Kepadatan emas yang kurang dari standar tersebut menandakan bahwa emas memiliki campuran logam mulia lainnya. Inilah salah satu ciri-ciri emas palsu yang perlu diperhatikan.

3. Reaktif Terhadap Asam Nitrat

Jika ingin tahu ciri emas asli dan palsu, gunakan cuka atau asam nitrat untuk membuktikannya. Caranya cukup mudah, yaitu meneteskan cairan cuka ke permukaan emas.

Emas yang memiliki kemurnian 99,9% atau setara dengan 24 karat tidak akan bereaksi terhadap cairan asam tersebut. Akan tetapi, emas palsu yang mengandung campuran logam mulia lainnya akan mengalami perubahan warna dan mendesis.

Meskipun bisa mencoba cara ini di rumah, sebaiknya tetap perhatikan keamanan prosedurnya. Gunakan sarung tangan dan laksanakan prosedur di ruangan dengan sistem ventilasi yang baik.

BACA JUGA:Lamine Yamal Pembawa Tim Nasional Spanyol ke final Piala Eropa 2024, Ini Profil Lengkapnya

4. Tidak Adanya Hallmark

Produk emas asli umumnya ditandai dengan hallmark yang biasanya berbentuk stempel. Setiap hallmark mengindikasikan kadar emas atau keasliannya.

Biasanya, hallmark ditulis dalam satuan karat ataupun nomor yang terdiri dari tiga digit, seperti 750, 916, dan 999. Namun, perlu diketahui bahwa emas palsu juga biasanya memiliki replika hallmark yang terlihat asli. Maka dari itu, cara ini tidak selalu akurat.

5. Mudah Terkorosi

Ciri-ciri emas palsu yang paling mudah dideteksi adalah perubahan warna akibat korosi. Dibandingkan emas murni, emas yang mengandung logam lainnya lebih mudah berubah warna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: