Iklan dempo dalam berita

Kisah Nyata di Indonesia, Ada Wanita Masih Perawan tapi Hamil, Kok Bisa? Begini Penjelasan dr Boyke

Kisah Nyata di Indonesia, Ada Wanita Masih Perawan tapi Hamil, Kok Bisa? Begini Penjelasan dr Boyke

dr Boyke pernah mendapati pasien remaja hamil tapi masih perawan--

Tanda masa subur wanita yang terakhir adalah meningkatnya hasrat seksual. Keinginan wanita untuk melakukan hubungan seks meningkat tepat saat sebelum masa ovulasi. 

Rasa cemas, stres dan depresi dapat menghalangi timbulnya tanda peningkatan hasrat seksual.

Cara Cek Kesuburan Wanita

Cara cek kesuburan wanita dapat dilakukan dengan beberapa metode, seperti tes pasca koitus, USG trasnvaginal, histerosalpinogram dan biopsi endometrium. Cara penggunaan metode-metode tersebut dijelaskan sebagai berikut:

Tes pasca koitus. Tes ini mengharuskan wanita melakukan hubungan intim dengan pasangannya beberapa jam sebelum melakukan pemeriksaan. 

Sampel lendir serviks akan diambil guna pemeriksaan mikroskopis untuk menguji kelangsungan hidup pada sperma dan interaksinya dengan lendir serviks. Adanya lendir serviks sendiri merupakan salah satu tanda masa subur wanita.

Pemeriksaan USG transvaginal (panggul) akan direkomendasikan guna memeriksa kondisi rahim dan ovarium pada wanita. 

BACA JUGA:Jadi Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah Euro, Bisa Bertambah Jika Mencetak Gol Saat Partai Final Euro 2024

Metode ini mampu membantu dokter mendiagnosa apakah folikel di ovarium bekerja secara normal. Metode USG sering dilakukan 15 hari sebelum periode menstruasi wanita.

Histerosalpinogram adalah serangkaian metode yang menggunakan sinar X dalam pemeriksaannya. 

Metode ini mampu mendiagnosa penyumbatan yang ada di tuba fallopi sehingga tidak memungkinkan wanita untuk menghasilkan sel telur. 

Secara tidak langsung, metode ini membantu melihat apakah wanita tersebut mampu mencapai masa subur atau tidak.

Biopsi endometrium dapat melakukan biopsi pada lapisan rahim wanita untuk melihat apakah rahim dalam kondisi normal. 

Selama melakukan metode biopsi endometrium, sampel jaringan dari endometrium akan diambil menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam rahim melalui vagina.

Selain metode-metode medis di atas, melakukan pencatatan siklus menstruasi dan peka terhadap tanda masa subur sangat diperlukan. Hal tersebut dapat membantu wanita memahami masa suburnya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: