Iklan dempo dalam berita

Bensin Terasa Boros Karena Cara Pakai yang Salah, Ini 5 Cara Agar Motor Jadi Lebih Irit Bensin

Bensin Terasa Boros Karena Cara Pakai yang Salah, Ini 5 Cara Agar Motor Jadi Lebih Irit Bensin

Bensin Terasa Boros Karena Cara Pakai yang Salah, Ini 5 Cara Agar Motor Jadi Lebih Irit Bensin--Foto: ist

2. Memeriksa Tekanan Angin dan Merawat Mesin

Tekanan angin yang sesuai di ban motor akan membuat pengendara lebih mudah melakukan kontrol seperti saat melewati belokan, tanjakan, atau turunan. Ternyata, tekanan angin juga berpengaruh yang membuat pemakaian bahan bakar semakin irit.

Ban kempes membuat motor sulit dikendalikan dan tenaga yang diperlukan untuk melaju lebih besar. Sedangkan dalam perawatan mesin motor, sebaiknya memastikan filter udara bersih dan penggantian oli secara rutin.

Kombinasi antara mesin yang terawat dan tekanan angin ban pas, memberi pengalaman berkendara yang lebih asyik. Serta menjaga konsumsi bahan bakar efektif sesuai yang diperlukan mesin motor (tidak berlebih). 

BACA JUGA:ESG Mission AHM, Astra Motor Bengkulu Beri Edukasi Green Kalcer, Mengolah Limbah Rumah Tangga

3. Kecepatan Berkendara Stabil 

Mengubah kecepatan berkendara secara tiba-tiba dari kencang ke pelan atau sebaliknya, membuat penggunaan bensin boros. Misalnya kebiasaan geber gas motor dan gas-rem gas-rem, itu sebaiknya dihindari agar hemat bensin.

Berkendara dengan kecepatan stabil, selain membuat irit penggunaan bensin juga meningkatkan keamanan berkendara di jalan. 

4. Tidak Memaksa Motor Membawa Beban di Luar Batas

Logika sederhananya, semakin berat beban yang dibawa di atas motor, konsumsi bahan bakar juga semakin besar. Hal ini bisa dijelaskan bahwa mesin motor terpaksa bekerja lebih keras daripada standarnya saat membawa muatan di luar batas.

Sepeda motor umumnya didesain untuk berboncengan dua. Jika dipaksa untuk berbonceng lima, selain boros bensin akan berimbas pada keselamatan berkendara di jalan raya serta berdampak langsung pada umur komponen sepeda motor.

BACA JUGA:BPKB Lagi Digadaikan, Motor Tukang Bangunan Ini Malah Disikat Musang Ranmor

5. Tidak Melewati Jalan Rusak

Usahakan tidak lewat jalan berlubang, rusak, atau tanjakan curam. Jalan landai akan lebih menghemat bahan bakar sepeda motor alih-alih jalan yang penuh lika-liku.

Memperhatikan faktor yang berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor serta menerapkan cara irit bensin di atas, akan membantu pengendara memperoleh pengalaman berkendara lebih asyik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: