Iklan dempo dalam berita

Benarkah Pertamax Lebih Irit dari Pertalite? Cek Alasan dan Bedanya di Sini

Benarkah Pertamax Lebih Irit dari Pertalite? Cek Alasan dan Bedanya di Sini

Alasan Pertamax Lebih Irit dari Pertalite--

Dikutip dari laman resminya, jawabannya adalah Pertamax lebih irit dari Pertalite. Salah satu alasannya karena Pertamax memiliki jumlah oktan yang jauh lebih tinggi dari Pertalite, makanya Pertamax lebih irit dari Pertalite.

Oktan atau RON Pertamax jumlahnya adalah 92, sedangkan oktan Pertalite adalah RON 90, sedangkan pendahulunya yaitu premium RON 88.

Oktan yang tinggi pun mempengaruhi harganya, makanya harga Pertamax jauh lebih mahal ketimbang Pertalite dan juga premium.

Meski harganya lebih mahal, namun dari sisi efisiensi, RON Pertamax yang 92 ini jauh lebih irit jika dibandingkan dengan oktan Pertalite 90 dan Premium RON 88.

Tingkat efisiensi Pertamax yang jauh di atas Pertalite ini juga membuat efektifitas kinerja mobil juga jadi jauh lebih hemat. Jadi harga takarannya yang lebih mahal, nyatanya membuat Pertamax lebih irit jauh ketimbang Pertalite.

BACA JUGA:Berapa Lama Rekening BCA akan Ditutup jika Tidak Ada Transaksi? Begini Ketentuan Terbarunya

Pertamax Lebih Irit dan Bertenaga

Meski harga lebih mahal sedikit, namun Pertamax lebih irit dalam melakukan pembakaran ketimbang Pertalite. Selain Pertamax lebih irit, bahan bakar beroktan RON 92 ini juga lebih bertenaga dibanding bahan bakar yang memiliki nilai oktan di bawahnya.

Toyota Yaris dengan bahan bakar Pertamax mampu mengeluarkan tenaga maksimalnya sampai 106,1 bhp pada 6.000 rpm.

Sementara, mobil yang sama dengan menggunakan premium hanya mampu menghasilkan tenaga hingga 102,5 bhp saja. Begitu pula dengan torsi. Ketika menggunakan BBM Pertamax, torsi mobil yang berhasil dikeluarkan mencapai 136,6 Nm pada 4.500 RPM.

BACA JUGA:Debitur Kredit Mobil Meninggal Dunia, Apakah Cicilannya Lunas? Ini Ketentuan yang Berlaku

Perbedaan Pertamax dan Pertalite

Untuk mengetahui lebih detail, simak perbedaan antara Pertamax dan Pertalite, dilansir laman Pertamina.id berikut ini:

1. Kandungan Oktan

Bila diukur berdasarkan kandungan oktannya, Pertamax memiliki kandungan oktan lebih tinggi daripada Pertalite. Kandungan oktan Pertamax mencapai 92-95, sedangkan kandungan oktan Pertalite mencapai 90.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: